Hercules Pengangkut Bantuan Rohingya Terbang ke Bangladesh

Pesawat Hercules yang mengangkut bantuan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh. (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id - Empat pesawat Hercules yang mengangkut bantuan kemanusiaan bagi pengungsi etnis Rohingya transit di Pangkalan TNI Angkatan Udara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Aceh, pada Rabu, 13 September 2017.

5 Pesawat Militer Terbaik dengan Baling-Baling

Keempat pesawat yang mengangkut 34 ton bantuan itu melanjutkan perjalanan ke Cittagong, Bangladesh, pada Kamis pagi, 14 September.

Menurut Komandan Satuan Tugas Civic Mission Indonesia, Marsekal Pertama TNI Nanang Santoso, perjalanan dari Aceh ke Bangladesh diperkirakan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Keempat pesawat Hercules A-1319, A-1326, A-1335, dan A-1316 memang tidak diberangkatkan langsung menuju Bangladesh. Soalnya kondisi bandara di Cittagong yang tidak memungkinkan menerima empat pesawat Hercules dari Indonesia secara sekaligus.

Pesawat itu mengangkut jenis bantuan, seperti selimut, tenda pengungsi, flexible tank, family kit, sandang, gula dan beras. Presiden Joko Widodo sebelumnya, melepas 34 ton bantuan dari pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rohingya. Bantuan itu dikirim ke perbatasan Bangladesh-Myanmar.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Penyerahan bantuan oleh Presiden Jokowi, secara simbolik diberikan kepada koordinator tim yang juga Direktur Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Junjungan Tambunan, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024