Status Gunung Agung di Bali Waspada

Puncak Gunung Agung
Sumber :

VIVA.co.id – Gunung Agung yang terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali, berstatus waspada. Peningkatan status itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, Dewa Made Indra.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Menurut Made, berdasarkan hasil analisis visual dan instrumental serta mempertimbangkan potensi ancaman bahaya, maka status Gunung Agung dinaikkan dari normal menjadi waspada.

"Peningkatan status itu terhitung mulai hari ini, Kamis, 14 September 2017 pukul 14.00 WITA," kata Dewa Made.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Berdasarkan data dari hasil analisis visual dan instrumental, aktivitas Gunung Agung menunjukkan aktivitas peningkatan kegempaan. Aktivitas tersebut menunjukkan indikasi vulkanik Gunung Agung saat ini dalam keadaan tidak stabil, sehingga probabilitas untuk terjadi letusan menjadi meningkat, meskipun kejadiannya tidak dapat dipastikan.

Ia mengimbau agar warga di sekitar gunung berketinggian 3.031 mdpl itu tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung. Selain itu, wisatawan juga diminta untuk tidak melakukan aktivitas pendakian dan berkemah di area kawah gunung dan seluruh area dalam radius tiga kilometer dari kawah puncak atau pada elevasi 1.500 meter dari permukaan laut.

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Kendati begitu, Indra mengimbau, masyarakat tetap tenang dan waspada serta tidak terpengaruh dengan isu yang berkembang yang tidak jelas sumbernya.

"Masyarakat tetap tenang, tidak melakukan aktivitas di sekitar kawah karena gas beracun. Informasi apa pun akan selalu kami update, jangan percaya dengan informasi yang tidak resmi. Peningkatannya masih dalam taraf waspada, tetapi masyarakat juga harus waspada," katanya. (ase)

VIVA Militer: KRI Kakap-811 evakuasi korban terdampak letusan Gunung Ruang

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Ratusan korban terdampak musibah letusan Gunung Ruang dievakuasi prajurit TNI AL keluar dari pulau

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024