Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 14 September 2017 | 23:58 WIB
  • Masalah Aris-Novel Sudah Ditangani Pengawas KPK

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Edwin Firdaus
Masalah Aris-Novel Sudah Ditangani Pengawas KPK
Photo :
  • Antara
Direktur Penyidik KPK, Brigjen Aris Budiman, dan anak buahnya, Novel Baswedan.

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan mengungkapkan bahwa Pengawas Internal (PI) KPK tengah memeriksa kasus Dirdik KPK, Aris Budiman dengan Novel Baswedan, secara menyeluruh. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mempublikasikan hasil tersebut.   

"Kami sudah putuskan akan diperiksa secara menyeluruh oleh PI, nanti hasilnya dua minggu ke depan. Sabar, pasti akan kami umumkan," kata Basaria Panjaitan dikonfirmasi awak media di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2017.

Karena itu, purnawirawan Jenderal Polisi bintang dua itu meminta publik untuk bersabar, sehingga internal KPK dapat menyelesaikan permasalahan yang ada. Dia sendiri memastikan, pihaknya profesional dalam menjalani tugas, sehingga perseteruan Aris dan Novel tidak mengganggu proses penanganan perkara di KPK.

Jajaran pimpinan pun tengah melakukan upaya mediasi antara keduanya. Ia pun berharap masalah Novel tidak sampai masuk peradilan.

"Sudah barang tentu kami pimpinan menganggap semua di sini sebagai anak-anak kami. Kita ingin semua berjalan dengan smooth tanpa ada apa-apa sehingga bekerjanya nyaman, aman. Karena rasa aman dan nyaman ini sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, sehingga bekerjanya itu bisa maksimal. Tak mungkin untuk timbul masalah," kata Basaria.

Diketahui, perseteruan antara Aris Budiman dan Novel Baswedan mencuat di hadapan pansus bentukan DPR RI beberapa waktu lalu. Aris dengan tegas menyebut adanya power full yang dipegang oknum tertentu di internal KPK, yang menyebabkan sistem yang ada tak berjalan dengan baik.

Meski tidak menyebut nama, publik langsung tertuju kepada Novel. Hal itu menyusul rentetan peristiwa konflik antara keduanya.

Belakangan publik mengetahui Novel Baswedan pernah mengirimkan sebuah email kepada Aris Budiman, dengan beberapa kata-kata tuduhan. Atas perkara itu, Pengawas Internal KPK menggelar pemeriksaan.

Selain itu, Pengawas Internal KPK pun melakukan pemeriksaan terhadap perkara Aris yang tanpa izin pimpinan KPK, menghadiri Pansus Hak Angket.

Di samping itu, Aris melaporkan Novel Baswedan ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik melalui sebuah email. Sementara Novel Baswedan saat ini masih berada di Singapura untuk menjalani perawatan matanya yang luka akibat serangan air keras orang tidak dikenal pada April lalu. (ase)