Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 15 September 2017 | 10:31 WIB
  • HUT ke-72, TNI Akan Pamer Seluruh Kekuatan Alutsista

  • Oleh
    • Hardani Triyoga
HUT ke-72, TNI Akan Pamer Seluruh Kekuatan Alutsista
Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (dua dari kiri).

VIVA.co.id – TNI siap mengerahkan seluruh kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista) saat pelaksanaan upacara HUT ke-72 pada 5 Oktober 2017. Alutsista yang akan dipamerkan antara lain mulai Tank Leopard, Helikopter Apache, KRI Kelas Sigma, Kapal Selam KRI Nagapasa dan jet tempur Sukhoi.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, selain itu ada bentuk demonstrasi latihan gabungan TNI dan kemampuan keterampilan prajurit TNI. Hal ini dijelaskan Gatot dalam memimpin Tactical Floor Game (TFG) HUT Ke-72 TNI Tahun 2017 di Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten, Jawa Barat, Kamis, kemarin.

Dikatakan Gatot, upacara HUT Ke-72 TNI sebagai bentuk laporan pertanggung jawaban kepada Presiden RI selaku Panglima Tertinggi dan seluruh masyarakat Indonesia tentang kesiapan alutsista TNI.

“Kegiatan TFG ini harus dipaparkan dengan detail tentang tugas dan tanggung jawab prajurit yang terlibat pada pelaksanaan upacara HUT Ke-72 TNI agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar, tertib dan aman,” kata Gatot dalam keterangan tertulis resmi Puspen TNI, Jumat, 15 September 2017.
 
Gatot meminta semua unsur yang terlibat agar memperhatikan dan memberikan saran untuk pelaksanaan TFG. Upaya ini bertujuan agar pelaksanaan TGF lebih sempurna dan terlaksana dengan waktu yang sudah direncanakan sesuai perhitungan waktu. Bagi dia, pentingnya saran karena faktor keamanan menjadi prioritas utama.

“Anggap kita melakukan suatu operasi, kalau terlambat satu detik saja berarti kehancuran. Saya minta waktunya benar-benar dihitung. Karena faktor keamanan merupakan prioritas utama,” ujar mantan KSAD tersebut.

Rencananya, puncak HUT Ke-72 TNI akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Parade Pasukan dan Alutsista TNI, Sosiodrama Sejarah Perjuangan Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman, dan Demo Pencak Silat Gabungan. Ada pula Halang Rintang Laut dan Terjun Free Fall, Terjun Statik Laut, Demo Tempur Latihan Gabungan TNI, Sailing Pass, Jupiter Aerobatic Team, Flying Pass kemudian diakhiri dengan Defile Pasukan dan Alutsista TNI.