Bantuan Kedua Indonesia untuk Rohingya Tiba di Bangladesh

Pesawat Hercules yang mengangkut bantuan bagi pengungsi Rohingya di Bangladesh. (Ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA.co.id - Bantuan kedua dari pemerintah dan rakyat Indonesia, tiba di daerah Chittagong Bangladesh. Bantuan ini untuk pengungsi etnis Rohingya, yang berada di perbatasan Myanmar-Bangladesh.

11 Warga Rohingya Meninggal di Perairan Barat Aceh, Menurut Laporan Imigrasi

Dari siaran pers Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu 1 September 2017 dua pesawat Hercules tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh pada Jumat malam.

Pesawat pertama yang tiba membawa bantuan adalah Hercules A 1335 tiba sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Pesawat tersebut membawa bantuan kemanusiaan berupa paket sandang, family kit, flexible tank, selimut, dan gula.

6 Jenazah Diduga Pengungsi Rohingya Kembali Ditemukan di Perairan Aceh

Pesawat kedua pada pukul 19.00 waktu setempat atau 20.00 WIB, tiba. Yakni Hercules A 1326 yang berisi 10 ton beras, mendarat di bandara tersebut. Lalu pada Sabtu, 16 September 2017, dijadwalkan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia akan kembali tiba.

"Pagi ini, Sabtu 16 September 2017, pesawat keberangkatan ke-5 dan ke-6, akan berangkat ke Chittagong pada pukul 06.30 WIB dan 08.30 WIB dari Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh," kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto.

3 Mayat Diduga Imigran Rohingya yang Mengapung di Laut Aceh Dievakuasi Tim SAR

Dengan bantuan yang terus berdatangan tersebut, diharapkan niat baik pemerintah Indonesia untuk membantu meringankan beban para pengungsi dari Rakhine State dapat terwujud.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024