Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 17 September 2017 | 12:38 WIB
  • Mengenal Saberman, Maskot Anti Pungli Indonesia

  • Oleh
    • Harry Siswoyo,
    • Afra Augesti
Mengenal Saberman, Maskot Anti Pungli Indonesia
Photo :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty
Saberman, maskot anti-pungli yang akan menjadi pembawa pesan pencegahan tindak pidana pungutan liar ke publik. Saberman diluncurkan di Jakarta, Minggu (17/9/2017)

VIVA.co.id – Saberman, demikian nama maskot anti-pungutan liar yang digagas oleh tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar ini dinamakan.

Maskot ini menampilkan sosok dari seorang penyapu jalanan, yang mencerminkan karakter bersahaja, rendah hati, suka menolong, dan ceplas-ceplos.

Namun, mempunyai kemampuan untuk bertranformasi menjadi Saberman yang berwibawa, berkekuatan super, pandai menyamar, dan memiliki senjata sakti berupa sapu lidi.

Menurut Kasatgas Saber Pungli Komjen Dwi Priyatno, sosok Saberman ini diharapkan bisa menginspirasi untuk agen perubahan dengan harapan dapat mendekatkan Satgas dan program kerjanya kepada masyarakat, khususnya generasi muda dan membantu Satgas dalam menjalankan tugasnya.

"Diharapkan akan tumbuh kesadaran masyarakat, ada kebanggaan dan mencontoh figur ini," ujar Priyatno di acara peluncuran Saberman di Jakarta, Minggu 17 September 2017.

Nantinya, sosok Saberman akan ditayangkan secara seri dalam bentuk cerita animasi di media sosial. Cerita animasi ini dapat dinikmati selama tiga episode dengan waktu tayang setiap dua minggu.

Ia juga berharap, nantinya, Saberman akan juga hadir di tengah masyarakat dalam bentuk promosi visual lainnya di ruang publik seperti merchandise, tayangan iklan layanan masyarakat, dan sebagainya.

"Diharapkan, ada percepatan pelaporan masyarakat dan publik paham bahwa pungli tidak benar, karena bisa merusak segi kehidupan," kata Dwi.

Satgas Saber Pungli dibentuk pada 10 Oktober 2016 berdasarkan Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli. Tujuannya ialah untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan pungli.