Identitas Belasan Napi yang Kabur dari Lapas Sijunjung

Ilustrasi Tahanan
Sumber :

VIVA.co.id – Sejumlah 12 napi penghuni (sebelumnya disebutkan 11 napi) Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Muaro Sijunjung, Sumatera Barat kabur, Minggu, 17 September 2017, sekira pukul 15.30 WIB. Mereka kabur saat petugas Lapas tengah membawakan makanan untuk makan siang.

Kakanwil Kumham: Tahanan Kabur di LPKA Jambi Karena Tak Dijaga Polisi

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id, ke-11 napi tersebut di antaranya Bendri Bon, Eki Nopriana, Junaidi, Risman, Teye Geli, Ardianlo, Suhen, Randi Derion, Dani Darmanto, Nasrul Effendi, dan Abdul Dasril panggilan Dedet. Dari ke-12 napi tersebut, 9 di antaranya merupakan napi titipan dari lapas lain. 

Sejumlah 12 napi itu rata-rata menjalani hukuman penjara akibat terjerat kasus narkotika dan kriminal umum.

Awal Mula Terungkapnya Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur

Sebelumya, Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaporan, Humas dan Teknologi Informasi Kantor Kemenkumham Wilayah Sumatera Barat, Bobby Sectio Wahyudi membenarkan, ada belasan napi yang kabur dari Lapas Kelas IIB Muaro Sijunjung.

Namun, ia belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. "Sampai saat ini, kami belum bisa berikan keterangan, termasuk soal tindakan apa selanjutnya karena pimpinan ada di Jakarta," katanya, Minggu, 17 September 2017.

Puluhan Tahanan Polres Batanghari Kabur dari LPKA Jambi

Walau demikian, lanjut Bobby, pihaknya sudah melakukan kerja sama  dengan polisi untuk memburu dan menangkap kembali napi yang kabur tersebut.

Sebelumnya, 12 napi tersebut berhasil kabur saat petugas Lapas tengah mengantarkan makan siang untuk para napi. Saat bersamaan, sejumlah napi tersebut menodongkan senjata tajam kepada salah satu petugas jaga LP, Putra.

Tak hanya itu saja, mereka juga melakukan penyerangan terhadap petugas piket lainnya yakni Doni. Mereka lantas kabur melalui pintu utama Lapas Kelas II B Muaro Sijunjung. 

Akibatnya, Doni mengalami luka robek pada bagian kepala sebelah kanan, pergelangan tangan dan mengalami luka tusuk, sehingga  harus dilarikan ke rumah sakit setempat. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya