Makna Syukur dalam Grebeg Soero di Sawahlunto

Sawahlunto Gelar Festival Muharram Dan Grebeg Soero
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis 21 September 2017 menggelar Festival Muharram dan Grebeg Soero, dengan melibatkan Paguyuban Ki Sapujagad sebagai pelaksana kegiatan.

Tahun Baru Hijriah, MUI: Jadikan Perbedaan sebagai Rahmat

Festival Muharram dan Grebeg Soero yang juga melibatkan ratusan siswa dari sekolah dasar setempat, diawali dengan karnaval dari rumah dinas wali kota Sawahlunto menuju lapangan segitiga. Selain itu, terdapat arak-arakan gunungan buah dan gunungan apem yang kemudian akan diperebutkan oleh warga setempat.

Dikatakan Wali Kota Sawahlunto, Ali Yusuf, kegiatan ini merupakan semangat dalam mengembangkan ajaran Islam dan semangat hijrah menjadi manusia yang lebih baik lagi yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga.

Aksi Solidaritas untuk Rohingya Warnai Perayaan 1 Muharam

"Perayaan ini kami gelar untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah. Semoga kita dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi," kata Ali, Kamis 21 September 2017.

Selain terdapat beberapa item kegiatan, lanjutnya, arak-arakan gunungan buah dan apem akan dibagikan kepada warga. Ini merupakan lambang rasa syukur akan nikmat dan rezeki tak terhitung yang sudah diberikan oleh Allah.

Kalender Bulan Vs Matahari, Ini Plus Minusnya

Ali Yusuf juga menyebutkan, sikap mencintai keluhuran nilai sebuah budaya yang ada di tatanan kehidupan warga kota Sawahlunto, juga menjadi modal dasar dalam meletakkan fondasi pengembangan bidang kepariwisataan.

Upaya itu agar target menjadikan kota Sawahlunto menjadi kota wisata tambang yang berbudaya, bisa diwujudkan bersama dengan menjadikan masyarakat sebagai komponen penting dan berada di barisan terdepan pada setiap program pengembangannya nanti. (art)

Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi.

MUI Serukan Hijrah dalam Momentum Tahun Baru Islam

Hijrah adalah transformasi dari kondisi kehidupan yang gelap

img_title
VIVA.co.id
1 September 2019