KPK Selidiki Moge dari Jasa Marga untuk Auditor BPK

Mantan General Manajer Jasa Marga Tol Purbaleunyi, Setia Budi.
Sumber :
  • VIVA/Suparman

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan perkara suap terkait Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu (PDTT) terhadap PT Jasa Marga (Persero) Purbalenyi tahun 2017, tak hanya menetapkan Auditor BPK, Sigit Yugoharto dan GM PT Jasa Marga cabang Purbalenyi Setiabudi tersangka.

Detik-Detik Bajaj Lawan Arah di Tol Janger, Sopir Ngaku Salah Baca Google Maps

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menuturkan penyidik terus mengembangkan kasus ini, termasuk mengusut dugaan keterlibatan pihak lain. "Tapi saat ini, pihak yang diduga penerima dan pemberi masih satu orang dan kami belum menemukan informasi perbuatan bersama-sama di sana yang penuhi ketentuan Pasal 55 (turut serta) tersebut," kata Febri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat 22 September 2017.

Setiabudi diduga memberi suap kepada Sigit berupa satu unit motor Harley Davidson tipe Sportster 883. Motor yang ditaksir senilai Rp115 juta ini diberikan Setiabudi untuk mempengaruhi hasil temuan tim BPK yang diketuai Sigit dalam PDTT terhadap PT Jasa Marga cabang Purbaleunyi.

Jasa Marga Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Tornado di Kabupaten Bandung dan Sumedang

Tim BPK menemukan ada kelebihan pembayaran terkait pekerjaan pemeliharaan periodik, rekonstruksi jalan dan pengecetan marka jalan yang tidak sesuai dan tidak dapat diyakini kewajarannya dalam laporan keuangan PT Jasa Marga tahun 2015-2016.

Diduga, terdapat sejumlah pejabat Jasa Marga yang turut serta atau setidaknya mengetahui pemberian suap ini. Hal ini lantaran sebagai seorang general manager, Setia Budi diyakini tak dapat memberikan motor seharga Rp115 juta itu tanpa persetujuan jajaran direksi atau komisaris PT Jasa Marga. Apalagi, suap tersebut berhubungan ada temuan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan Jasa Marga cabang Purbaleunyi.

Daftar Ruas Jalan Tol yang Tarifnya Bakal Segera Naik

Febri memastikan, pihaknya akan menelusuri asal usul motor Harley-Davidson yang diberikan Setiabudi kepada Sigit. Termasuk ada kemungkinan motor tersebut dibeli dari kocek Jasa Marga atau dari kantong pribadi Setiabudi.

"Perolehan objek yang diduga objek suap adalah materi yang kita dalami dalam penyidikan. Apakah uang pribadi apa motor sudah dimiliki itu bagian proses penyidikan," kata Febri.

Ilustrasi jalan tol.

Volume Lalu Lintas Gerbang Tol Jabotabek dan Jawa Barat pada H-2 Hari Raya Nyepi Meningkat

Periode libur panjang Hari Raya Nyepi Tahun 2024 Jasa Marga Metropolitan Tollroad Regional mencatat pantauan peningkatan lalu lintas di sekitar Tol Jabotabek-Jawa Barat.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024