Jumlah Pengungsi Gunung Agung Sudah 35 Ribu Jiwa

Sejumlah pengungsi letusan Gunung Agung berada di posko pengungsian Desa Les, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu (24/9).
Sumber :
  • ANTARA/Wira Suryantala

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia terus berkoordinasi untuk memberikan pelayanan kepada pengungsi Gunung Agung. Mereka harus mengungsi dari radius hingga 12 km sejak Gunung Agung berstatus Awas.

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Menurut Deputi Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Yan Manggesa, per hari ini jumlah pengungsi sudah mencapai 35 ribu jiwa dari 238 titik.

"Jumlah ini naik signifikan, dikarenakan sejak kemarin masih ada pengungsi yang wara-wiri dari lokasi pengsungsian ke rumah mereka masing-masing," katanya melalui keterangan tertulis, Senin 25 September 2017.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Kemenko PMK sudah memastikan pelayanan untuk para pengungsi berjalan dengan baik. "Kami sudah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BNPB, hingga TNI dan Polri, agar masyarakat terjamin," tuturnya.

Kementerian dan lembaga tersebut, kata Yan, sudah berada di Bali sejak Jumat 22 September kemarin. Pemerintah juga sudah menyiapkan uang sebanyak Rp1 miliar untuk penanganan pengungsi.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Yan mengaku, masih ada masyarakat yang enggan meninggalkan rumah mereka, lantaran khawatir terhadap kondisi ternak.

"Untuk masalah ini, pemerintah sudah menunjuk Satgas Ternak di bawah Dinas Peternakan Kabupaten dan Provinsi untuk menyelesaikan masalah tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologis (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Agung di Bali dari level III Siaga menjadi level IV Awas. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya