BNPB Siapkan Rp1 Miliar untuk Bencana Gunung Agung

Kondisi Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana menggelontorkan dana sebesar Rp1 miliar untuk bencana Gunung Agung, Bali. Bantuan itu untuk mendukung kegiatan kegawatdaruratan dan posko penanggulangan bencana Gunung Agung.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Kepala BNPB, Willem Rampangilei, menyatakan jika dibutuhkan, sewaktu-waktu bantuan itu bisa saja ditambah. Hanya saja, yang terpenting adalah proses evakuasi dan pelayanan pengungsi berjalan dengan baik.

"Pemerintah melalui BNPB menggelontorkan bantuan untuk kegiatan kegawatdaruratan dan posko," kata Willem di Pos Pengungsian GOR Swecapura, Selasa 26 September 2017.

Syarat yang terpenting jika penambahan dana diulurkan adalah tak boleh ada pelayanan yang tidak baik bagi proses evakuasi dan pelayanan pengungsi. "Jadi tidak boleh ada keterlambatan bagi proses evakuasi dan pelayanan masyarakat," ujarnya.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Dalam kondisi darurat di Gunung Agung, BNPB hanya selaku pendamping bagi BPBD dan Pemprov Bali. Hal itu untuk memastikan jika pemerintah pusat selalu ada untuk menangani pengungsi yang kini telah mencapai 54 ribu jiwa dan tersebar di beberapa titik pengungsian di tujuh kabupaten/kota se-Bali.

"Kita sebagai pendamping selalu ada di sini untuk manajemen kegawatdaruratan mulai dari pendirian posko hingga pembentukan satgas tanggap bencana. Prosedurnya sudah kita siapkan, sehingga ketika terjadi erupsi kita berharap tak ada korban jiwa," tutur Willem. (one)

BNPB: 3 Warga Meninggal dan 2 Hilang Akibat Banjir di Serang
Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024