Madura Resmi Punya Bandara Komersial

Wagub Jatim, Saifullah Yusuf saat peluncuran penerbangan rute Surabaya-Sumenep
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Bandara Trunojoyo di Sumenep, Madura, Jawa Timur, resmi beroperasi untuk layanan penerbangan komersil pada hari ini, Rabu 27 September 2017.

Bakal Ada Pelabuhan Udara Pesawat Amfibi di Masalembu Sumenep

Peluncuran hari pertama penerbangan rute Surabaya-Sumenep di Bandara Internasional Juanda Surabaya dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Maskapai penerbangan yang telah meneken kerja sama rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya itu ialah Wings Air, anak perusahaan Lion Group.

Sumenep Mau Bikin Hanggar Pesawat Kecil, Tak Perlu ke Singapura

Pesawat yang digunakan ialah jenis ATR 72. Pesawat tipe kecil ini berkapasitas 72 penumpang. Sementara ini, baru dibuka sekali penerbangan pulang-pergi setiap harinya.

Jadwal terbang Surabaya-Sumenep dibuka pada pukul 12.40 WIB dan Sumenep-Surabaya pada pukul 13.40 WIB.

Musim Mudik, Bandara Trunojoyo Madura Malah Sepi Peminat

Harga tiket dari Surabaya menuju Sumenep atau sebaliknya berbeda. Tiket Surabaya-Sumenep sebesar Rp263 ribu per orang, sementara Sumenep-Surabaya Rp179 ribu per orang.

Gus Ipul berharap, dibukanya penerbangan komersil Surabaya-Sumenep itu bisa membuka akses lebih luas bagi Madura agar lebih maju lagi.

Menurutnya, salah satu fungsi dibukanya Bandara Trunojoyo ialah masuknya masuknya barang dari luar Madura. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi secara otomatis ikut terkerek.

“Ketika Bandara Trunojoyo dibuka, maka akan membuka akses ke dunia luar sekaligus melahirkan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Penerbangan ini merupakan cita-cita lama semua pihak dalam memajukan Madura. Diharapkan menjadi bagian dalam mempersempit kesenjangan yang ada,” kata Gus Ipul kepada wartawan.

Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menuturkan, dengan adanya penerbangan komersial, diharapkan memudahkan wisatawan berkunjung ke Sumenep.

"Itu dalam rangka menyambut Visit Sumenep 2018," katanya kepada VIVA.co.id, Selasa 26 September 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya