Polri Benarkan Anggotanya Latihan Pakai RPG

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Markas Besar Polri, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id - Beredar sebuah video yang menunjukkan sejumlah anggota Polri menggelar latihan dengan menggunakan rudal atau Rocket Propelled Grenade (RPG). Dalam latihan itu, beberapa orang dari mereka menggunakan topi loreng khas tentara.

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto saat dikonfirmasi VIVA.co.id, Kamis, 28 September 2017, mengenai hal itu tak membantah. Bahkan secara tidak langsung, Setyo membenarkan bahwa mereka yang menggelar latihan adalah Polri. Namun, latihan tersebut tidak dilakukan baru-baru ini, tapi sudah sangat lama, bahkan sebelum era reformasi.

"Itu sewaktu Polri masih bagian dari ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia)," kata Setyo melalui pesan singkat.

2 Pegawai Lion Air Ditangkap Terlibat Penyelundupan Narkoba, Begini Modusnya

Saat ditanya lebih lanjut mengenai tahun persisnya, Setyo belum memberikan jawaban. Begitu pula dengan apakah Polri akan menindak penyebar video tersebut secara hukum.

Diketahui, Polri berpisah dari ABRI (saat ini Tentara Nasional Indonesia) pada tahun 1999, melalui Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 1999. Upacara pemisahan Polri dari ABRI digelar di Mabes ABRI, Cilangkap, 1 April 1999.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Video latihan anggota polisi yang beredar berdurasi 58 detik. Dalam video itu memperlihatkan mereka tengah mencoba senjata jenis roket itu. Setidaknya, mereka menembakkannya dua kali ke arah perbukitan.

Isu pembelian senjata masih menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan ada institusi yang membeli 5 ribu senjata ilegal, dan salah satu spesifikasinya bisa menembak tank. (ase)

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Aksi di MK Besok, Polri Lakukan Ini

Pemilih dan pendukung Prabowo-Gibran disebut akan melakukan aksi damai di depan Mahkamah Konstitusi (MK) Jumat besok, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024