Muncul Retakan 80 Meter di Kawah Gunung Agung

Citra Gunung Agung dari satelit
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil menjelaskan, terjadi perubahan cukup signifikan pada Gunung Agung.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

"Dari satelit kami sudah melihat perubahan energi termal, luas area panas. Jadi, dari situ sudah kami lihat ada perubahan signifikan sejak September 2017, sejalan dengan seismik yang dialami," ungkap Devy di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kamis 28 September 2017.

Saat mendeteksi kegempaan, Devy mengaku PVMBG menunggu hingga dua bulan lamanya. Selama dua bulan itu, dilakukan penelitian apakah kegempaan itu bersumber dari pergerakan magma atau faktor lainnya.?

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Setelah kami tunggu dua bulan, akhirnya September pertengahan ini bukan sinyal biasa, ada tingkat magma serius. Lalu, dari satelit ada titik panas di tengah kawah Gunung Agung," jelasnya.

Pengamatan lantas dilanjutkan menggunakan citra satelit khusus, baik foto udara maupun termal. ?"Setelah melihat kegempaan naik terus, maka kami naikan statusnya hingga 22 September 2017 pukul 20.30 WITA menjadi awas," tuturnya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Dari amatan citra satelit khusus itu juga terpantau, jika di sisi timur laut ada citra panas. Bahkan, kata dia, di tengah kawah sudah muncul retakan baru.

"Ukurannya diperkirakan 60-80 meter. Untuk titik panasnya sekira 120 meter persegi. ?Ini kan indikasi magma di bawah Gunung Agung makin kuat," ujarnya.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024