Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 1 Oktober 2017 | 22:52 WIB
  • Banyak Penerbangan Delay, Penumpang Lion Air Telantar?

  • Oleh
    • Finalia Kodrati
Banyak Penerbangan Delay, Penumpang Lion Air Telantar?
Photo :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Pesawat Lion Air.

VIVA.co.id – Penerbangan maskapai Lion Air ke sejumlah kota di Indonesia, dikabarkan mengalami delay berjam-jam, Minggu 1 Oktober 2017. Hal ini membuat banyak penumpang telantar di Bandara Soekarno-Hatta. Beberapa penumpang ada yang mengeluhkan masalah itu melalui media sosial. 

Menurut akun Instagram @achamazaya, pesawat dengan nomor JT 0770 tujuan Manado mendadak hilang dari layar informasi.

nomor penerbangan aku juga ilang Lion air JT 0770 ke manado kaga ada kabarnya, alesannya macem2.. ada yg pesawat perbaikan lah, ada yg ketutup ama penerbangaan lain lah, ada latihan militer d halim lah, ada isu pilot mogok lah, entahlah aku g paham..,” tulisnya.

Masalah ini tidak dibantah pihak Angkasa Pura. Melalui pesan singkat kepada VIVA.co.id, Kepala Humas Angkasa Pura, Agus Haryadi, menyatakan bahwa sesuai informasi yang diterima dari lapangan, banyak pesawat yang mengalami delay. 

"Hampir ke semua tujuan delay, rata-rata maksimal 2 jam. Banyak flight yang delay karena adanya rotasi pesawat," kata Agus.

Namun, ia mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada beberapa pesawat yang berangkat ke kota tujuan. Menurutnya, masalah keterlambatan ini juga dikarenakan adanya perpindahan slot, sebagian penerbangan dari Halim dipindah ke Bandara Soekarno-Hatta sampai 5 Oktober karena HUT TNI.  

"Kalau yang ditunda lebih karena operating hours bandara tujuan yang terbatas. Tapi situasi masih terkendali," ujarnya. 

Ia menambahkan terhadap keterlambatan ini, pihak maskapai wajib bertanggung jawab sesuai ketentuan PM Perhubungan No 89. 

"Untuk lebih jelasnya karena masalah ini ada di maskapai. Mohon menghubungi pihak maskapai," ujarnya.

Namun, saat dihubungi, perwakilan Lion Air belum bisa dimintai keterangan. (one)