Selamat Hari Batik Nasional

Proses pembuatan batik tulis menggunakan canting dan malam.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id – Sejak tahun 2009, badan Perserikatan Bangsa Bangsa untuk bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan--UNESCO--telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi.

Batik Lagi Tren, Begini Cara Pakainya agar Terlihat Modern

Karena itu, sejak penetapannya pada 2 Oktober, maka setiap tanggal itu akhirnya menjadi momen peringatan hari batik nasional untuk di Indonesia.

Mengutip dalam laman resmi UNICEF, batik Indonesia disebut sebagai bagian hidup orang Indonesia. Ia telah menjadi bagian dari sejak kelahiran hingga akhir hayat orang di Indonesia.

Koleksi Cantik Batik Mega Mendung Hiasi Perayaan Batik Nasional 2023

Dimulai dari proses kelahiran, pernikahan, kehamilan hingga kematian, batik hadir dalam aktivitas keseharian orang Indonesia.

Atas itulah, kain batik pun dinobatkan sebagai identitas budaya masyarakat Indonesia. Kehadirannya melalui warna dan desain simbolik menjadi pengungkap kreatifitas dan spiritualitas orang Indonesia.

Luna Maya Tampil Cantik Elegan di Istana Berbatik, Bikin Netizen Melongo: Berkharisma

Di linimassa Twitter, ucapan Selamat Hari Batik Nasional ikut menjadi puncak percakapan pengguna jejaring sosial pada Senin, 2 Oktober 2017. 

Ribuan pengguna jejaring sosial menggunakan kata Selamat hari Batik Nasional dan menampilkan beragam gambar batik yang dikenakan pada peringatan ini.

Karena itu, Selamat Hari Batik Nasional. Kamu kenakan batik apa hari ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya