Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 3 Oktober 2017 | 12:10 WIB
  • Usung Tagline Anyar, Jabar Pede Pariwisata Makin Mendunia

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Usung Tagline Anyar, Jabar Pede Pariwisata Makin Mendunia
Photo :
Merek Wonderful Indonesia

VIVA.co.id – Jawa Barat (Jabar) memiliki tagline baru di sektor pariwisata. Bertempat di depan Gedung Sate, Bandung, Sabtu 30 September 2017, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar meluncurkan tagline ‘Wonderful West Java Indonesia’.

Slogan baru itu diyakini membuat pariwisata Jabar makin menggeliat. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan tak memungkiri peran penting pariwisata untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Menurut pria yang karib disapa Aher itu, pariwisata menjadi andalan ketika sektor usaha lain tengah lesu. "Dampak yang paling mikro, hampir bisa dipastikan pendapatan masyarakat di suatu daerah bertambah ketika pariwisatanya maju," kata Aher.

Dia menambahkan, Jabar memiliki banyak destinasi wisata yang sangat cantik. Destinasi-destinasi itu tersebar di berbagai kabupaten dan kota. Salah satu destinasi yang sedang dikembangkan adalah Geopark Ciletuh-Palabuhanratu di Sukabumi.

Selain terus mengembangkan destinasi wisata, Pemprov Jabar juga makin agresif melakukan promosi. “Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus menggenjot kinerjanya di berbagai sektor, terutama di sektor pariwisata,” kata Aher.

Aher juga mengisyaratkan siap bersaing dengan Bali untuk berlomba-lomba menggaet wisatawan mancanegara (wisman). Menurut Aher, keindahan alam Jabar tak perlu diragukan lagi. Namun, sarana dan prasarana masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Jabar.

Karena itu, dia berharap beroperasinya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada 2018 membuat kunjungan wisman meningkat. "Sekarang turis mancanegara masih paling banyak ke Bali karena di sana bandara internasionalnya bagus. Ke depan, Jawa Barat mempunyai BIJB Kertajati. Insya Allah, angka kunjungan wisatawan akan meningkat," kata Aher.

Terkait promosi Wonderful West Java Indonesia, Pemprov Jabar juga menggandeng produk air minum Ron 88. Nantinya, logo Wonderful West Java Indonesia akan ditempel di seluruh produk Ron 88.

Kerja sama itu tak lepas dari pangsa pasar yang dimiliki Ron 88. Saat ini, PT Panfila Indosari selaku produsen Ron 88 memasarkan produknya ke berbagai negara. Misalnya, Singapura, Jepang, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Kerja sama itu diharapkan membuat pariwisata Jabar makin mendunia.

"Ini media yang juga efektif mempromosikan pariwisata Jabar. Saya minta ke depan ada stiker Wonderful Westlife Java Indonesia di setiap buku tabungan atau produk Bank BJB," jelas Aher.

Sementara itu, Presiden Direktur Ron 88 Candra Senjaya menyambut baik kerja sama tersebut. Dia mengatakan, Ron 88 mendapat sertifikat sehat internasional dari Belgia pada tahun ini. Sebab, kandungan air di Ron 88 mengandung hexagonal yang baik bagi kesehatan.

"Saya dedikasikan penghargaan dunia ini untuk Jawa Barat dengan menempelkan logo Wonderful West Java Indonesia di kemasan produk kami," ujar Candra.

Menpar Arief Yahya membenarkan tagline baru yang diusung Jawa Barat, dengan kata-kata “Wonderful”. Kata-kata Wonderful itu sudah mendunia, bersama ‘Wonderful Indonesia’ dan dipromosikan hampir seluruh penjuru dunia. “Maka dengan menggunakan kata wonderful Itu akan lebih cepat dan lebih mudah bagi Jawa Barat membranding destinasinya,” ungkapnya.

Menurut Menpar Arief, brand itu punya value. Brand Wonderful Indonesia itu valuenya besar dan berkelas dunia. Dalam peta branding dunia, pamor Wonderful Indonesia juga tinggi, no 47, mengalahkan Thailand dan Malaysia. “Apalagi kita juga sudah membeli hak cipta What a Wonderful World-nya Louis Armstrong, yang juga mendunia,” kata Arief Yahya.

Menteri asli Banyuwangi ini malah menganjurkan kepada daerah yang belum punya tagline, untuk branding pariwisata daerah. Gunakan Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia.

“Mulailah dari akhir, jangan memulai dari nol, terlalu lama, mahal, dan belum tentu sukses!” ungkap Arief Yahya.(webtorial)