Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 4 Oktober 2017 | 11:56 WIB
  • Jalan Tertimbun Longsor di Padang, Jalur Sumatera Lumpuh

  • Oleh
    • Mohammad Arief Hidayat,
    • Andri Mardiansyah (Padang)
Jalan Tertimbun Longsor di Padang, Jalur Sumatera Lumpuh
Photo :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah
Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Jambi dan Sumatera Selatan lumpuh akibat longsor di Padang pada Rabu, 4 Oktober 2017.

VIVA.co.id - Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Jambi dan Sumatera Selatan lumpuh pada Rabu, 4 Oktober 2017. Penyebabnya, jalan itu tertimbun material tanah longsor.

Longsor dilaporkan terjadi di Kilometer 17, kawasan Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bukit rendah di lokasi itu longsor setelah hujan deras dan lama pada Selasa malam.

Jalur itu belum dapat dilintasi sampai berita ini dipublikasikan. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang masih berupaya membersihkan material longsor yang cukup tebal dan menutupi badan jalan.

"Sampai saat ini belum bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Petugas kita tengah berupaya melalukan pembersihan," kata Edi Hasmi, Kepala BPBD Kota Padang.

Untuk mempercepat proses pembersihan material longsor, BPBD sudah mengerahkan sedikitnya dua alat berat. Tim Reaksi Cepat dikerahkan juga dibantu oleh aparat Kepolisian.

Polisi melaporkan lalu lintas macet hingga dua kilometer gara-gara longsor itu. Aparat masih berupaya keras untuk secepatnya membuka jalur vital itu.

Polisi mengimbau pengendara yang akan melintas di kawasan itu agar lebih meningkatkan lagi kewaspadaan, mengingat sepanjang rute banyak tikungan tajam, juga rawan gerakan tanah.

"Saat ini jalur belum bisa dibuka. Tidak ada laporan terkait korban jiwa," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang, Komisaris Polisi Asril Prasetya. (mus)