Jalan Tertimbun Longsor di Padang, Jalur Sumatera Lumpuh

Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Jambi dan Sumatera Selatan lumpuh akibat longsor di Padang pada Rabu, 4 Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id - Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Jambi dan Sumatera Selatan lumpuh pada Rabu, 4 Oktober 2017. Penyebabnya, jalan itu tertimbun material tanah longsor.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Longsor dilaporkan terjadi di Kilometer 17, kawasan Lubuk Paraku, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat. Bukit rendah di lokasi itu longsor setelah hujan deras dan lama pada Selasa malam.

Jalur itu belum dapat dilintasi sampai berita ini dipublikasikan. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang masih berupaya membersihkan material longsor yang cukup tebal dan menutupi badan jalan.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

"Sampai saat ini belum bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Petugas kita tengah berupaya melalukan pembersihan," kata Edi Hasmi, Kepala BPBD Kota Padang.

Untuk mempercepat proses pembersihan material longsor, BPBD sudah mengerahkan sedikitnya dua alat berat. Tim Reaksi Cepat dikerahkan juga dibantu oleh aparat Kepolisian.

10 Warga di Pesisir Selatan Sumbar Dikabarkan Hilang Tertimbun Longsor

Polisi melaporkan lalu lintas macet hingga dua kilometer gara-gara longsor itu. Aparat masih berupaya keras untuk secepatnya membuka jalur vital itu.

Polisi mengimbau pengendara yang akan melintas di kawasan itu agar lebih meningkatkan lagi kewaspadaan, mengingat sepanjang rute banyak tikungan tajam, juga rawan gerakan tanah.

"Saat ini jalur belum bisa dibuka. Tidak ada laporan terkait korban jiwa," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Padang, Komisaris Polisi Asril Prasetya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya