Mangkrak Lama, Bendungan Karian Ditargetkan Rampung 2019

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Bendungan Karian, yang terletak di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, sudah dirancang sejak tahun 1980-an. Namun, baru hingga Juni 2015 bisa dikerjakan.

Ibu Terpidana Mati Kasus Narkoba Mary Jane Mohon Jokowi Bebaskan Putrinya

Dalam peninjauannya, Presiden Joko Widodo, mengatakan bendungan ini penting untuk Banten dan daerah sekitarnya seperti Jakarta. Mengingat kapasitasnya yang sangat besar, terbesar ketiga setelah Jatiluhur dan Jatigede.

"Ini bisa menampung 314 juta kubik air. Yang ini dibendung dari Sungai Ciujung, Sungai Ciherang, kita harapkan dengan waduk ini bisa mengairi lahan kurang lebih 22 ribu hektare di Provinsi Banten dan yang kedua bisa menjadi air baku bagi Provinsi Banten dan Jakarta," kata Jokowi, di lokasi pembangunan Bendungan Karian, Rabu, 4 Oktober 2017.

Jokowi Bertolak ke Riyadh Hadiri KTT OKI Bahas Situasi Gaza, Lanjut ke AS Temui Joe Biden

Dijelaskan Jokowi, pemanfaatan lain yang bisa digunakan dalam bendungan ini untuk pembangkit listrik. Pembangkit ini, kata dia, bisa menghasilkan kebutuhan listrik hingga 1,8 megawatt.

Bendungan Karian merupakan salah satu proyek strategi nasional pemerintah. Di mana ada 49 bendungan yang dibangun, 33 diantaranya sudah rampung.

Tak Cuma Baliho Ganjar-Mahfud, Satpol PP Bali Copot Semua Atribut di Lokasi Kunjungan Jokowi

Target awal rampung bendungan Karian akan selesai pada 2020. Namun, Jokowi meminta agar dipercepat, dan diperkirakan bisa rampung pada Juni 2019.

Baca: Jokowi Cek Pembangunan Bendungan Karian Banten

"Setelah melihat lapangan kemudian pekerjaan bisa dipercepat nanti pertengahan 2019 Insya Allah bisa selesai. Di Banten ini kita bangun dua waduk. Selain Waduk Karian juga Waduk Sindanghela tapi lebih kecil," jelas Jokowi.

Turut mendampingi dalam kunker ke Banten, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, dan Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Pribowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya