JK: Hanya Sekitar 10 Persen Orang Kaya Bayar Zakat Harta

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menyebutkan, hanya sedikit warga muslim Indonesia dengan jumlah kekayaan besar yang rutin menjalankan kewajiban agama untuk menunaikan zakat hartanya.

THR ASN Tangerang Segera Cair, Sekda Sebut Pendistribusian Gunakan Pola Maksimal

Menurut JK, sapaan Jusuf Kalla, jumlah muzakki atau orang yang rutin menunaikan zakat itu, hanya berada di kisaran 10 persen dari jumlah orang yang memiliki kekayaan berlimpah.

"Mungkin yang paling tinggi 10 persen di antaranya (orang-orang kaya) yang bayar zakat. Bayar zakat teratur juga paling juga tidak, yang penting wajibnya ada," ujarnya saat memberi sambutan dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu, 4 Oktober 2017.

6 Syarat Wajib Zakat Bagi Muzakki, Sebutan Muslim yang Memberi Zakat

JK menuturkan, persoalan utama Baznas sebenarnya adalah mengoptimalkan potensi penerimaan zakat. Saat ini, menurut JK, jumlah mustahiq (kalangan penerima zakat) dengan muzakki di Indonesia, timpang. "Kita tidak kekurangan mustahiq. Kalau ada pembagian zakat, orang antre sampai berdesak-desakan," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mendorong pertumbuhan para wirausahawan muda di sekolah dan perguruan tinggi. Dengan menjadi wirausahawan, generasi muda itu dengan sendirinya masuk ke dalam klasifikasi muslim yang memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat.

5 Fakta Zakat Fitrah yang Wajib Hukumnya Diketahui Seorang Muslim

"Sama lah dengan kalau kita ingin punya telur, jangan paksakan ayam itu bertelur sehingga ada telurnya. Tapi, bagaimana kita memelihara ayam dengan baik atau memperbanyak induk ayam agar telurnya banyak." (mus)
 

Gempa bumi magnitudo 6,1 mengguncang Tuban, Jawa Timur

Top Trending: Arti Gempa Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa, Jayabaya Ramalkan Pulau Jawa Ini

Artikel mengenai Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa tengah menyita perhatian pembaca hingga bertengger di terpopuler pertama kanal Trending VIVA.co.id

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024