Fadli Zon: Daya Beli Masyarakat Memang Melemah

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Afra Augesty.

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menilai, isu penurunan daya beli bukanlah isu politik yang sengaja dimainkan. Tapi, hal tersebut fakta dan bukan sekadar isu.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Kalau kami lihat dalam rangka reses untuk menyerap informasi, saya termasuk melihat daya beli masyarakat memang melemah," kata Fadli Zon di gedung DPR, Jakarta, Kamis 5 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, masyarakat yang ditanya saat reses memang merasa kesulitan hidup, sulit mendapatkan pekerjaan, dan harga membubung tinggi.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Kenaikan gas, kenaikan harga lain itu tentu membuat daya beli masyarakat melemah. Ini bukan isu politik, ini isu ekonomi. Kebijakan yang tidak prorakyat yang dibuat pemerintah," kata Fadli. Ia menambahkan agar pemerintah jangan berusaha lempar batu sembunyi tangan. 

"Ini jelas, akibat kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat, sehingga daya beli masyarakat menurun," ujar pria berkacamata ini.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

Begitu pun soal pembangunan infrastruktur yang berdampak pada lemahnya daya beli masyarakat. Ia menilai positif adanya pembangunan, tapi dengan catatan pemerintah memiliki uang yang banyak.

"Kalau dari utang dan kumpulkan dana dari masyarakat untuk infrastruktur, sementara daya beli masyarakat lemah, saya kira akan ganggu ekonomi," kata Fadli.

Presiden Jokowi dan Wapres KH. Ma'ruf Amin Serahkan Zakat

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan proses negosiasi pemerintah untuk menambah kepemilikan saham PT. Freeport Indonesia (PTFI) sebesar 10 persen masih berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024