PVMBG: Bali Masih Aman Dikunjungi

Gunung Agung Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengumumkan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi. Kemungkinan terjadi letusan masih lebih tinggi daripada kemungkinan sebaliknya. Namun kemungkinan letusan berubah sewaktu-waktu bergantung hasil pemantauan termutakhir

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Jika terjadi letusan, kemungkinan besar akan diawali letusan kecil, namun juga memungkinkan untuk diikuti letusan yang lebih besar. Namun besar atau kecil letusan tidak dapat ditentukan pasti. Begitu pula tanggal dan waktu pasti letusan, tidak dapat diperkirakan.

PVMBG akan mengeluarkan peringatan sedini mungkin jika kondisi aktivitas Gunung Agung berubah atau jika teramati kecenderungan yang lebih tinggi untuk terjadi letusan.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

"Masyarakat maupun wisatawan yang berada di luar zona bahaya dapat melakukan aktivitas seperti biasa. Masih aman untuk berwisata di Bali," kata Kepala PVMBG, Kasbani, pada Jumat, 6 Oktober 2017.

Kasbani hanya mengingatkan warga maupun para turis menjauhi zona bahaya, yakni sembilan kilometer dari puncak dan perluasan sejauh 12 kilometer dari puncak Gunung Agung ke arah sektor utara timur laut dan tenggara selatan barat daya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

PVMBG terus berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana maupun pemerintah daerah untuk memperkuat sistem peringatan dini letusan.

"Wisatawan yang berada di Bali maupun masyarakat setempat agar tetap mematuhi rekomendasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia," kata Kasbani. (ase)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024