Markas Komando TNI AD di Medan Terbakar

Markas Komando ?Kodam I/Bukit Barisan terbakar
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putra Nasution (Medan)

VIVA.co.id – Markas Komando Kodam I/Bukit Barisan di Jalan Suprapto Medan, Sumatera Utara, terbakar, Jumat pagi, 6 Oktober 2017. Si jago merah melalap bangunan di bagian Babinminvetcat Kodam I/Bukit Barisan di lantai dua markas tersebut.

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Kebakaran ini membuat panik puluhan personel TNI AD. Dengan spontan mereka langsung melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya.

Peristiwa kebakaran yang terjadi saat jam sibuk lalu lintas pagi tadi juga sempat menjadi pusat perhatian. Tak lama berselang, puluhan armada pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Medan meluncur dan melakukan pemadaman.

Wanita Kembar Siam Dempet Kepala Menikah dengan Mantan Tentara AS

Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Edy Hartono mengatakan, kebakaran itu hanya membakar bagian lantai dua saja. Api tidak merambat ke lantai I di kantor tersebut. Dampak kejadian itu, personel TNI melakukan evakuasi barang-barang yang belum terbakar. "Yang terbakar sekitar 60-70 persen ruangan perkantoran di lantai dua. Di sana banyak arsip-arsip dan dokumen pekerjaan," ujar Edy.

Edy mengungkapkan, api pertama kali dilihat oleh petugas piket saat melakukan kontrol seluruh ruangan pada pagi hari. Saat itu, petugas piket mendapati ada asap. Petugas langsung mencari asal asap dan api. Kemudian diketahui ada di lantai 2.

5 Negara yang Masih Terapkan Wajib Militer: Kehormatan, Kewajiban, atau Pelanggaran HAM?

"Piket kemudian melapor ke Kababin, kemudian Kababin mengambil langkah-langkah  dengan menghubungi pemadam. Ruangan mana asal api saya belum monitor," ujar Edy.

Edy mengatakan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan secara detail penyebab kebakaran tersebut. Kemudian, belum diketahui juga berapa total kerugian secara materi atas kebakaran tersebut.

"Untuk penyebab, kami tidak mau berspekulasi ya, nanti akan ditangani tim penyidik dan kerugiannya ya karena di sana banyak alat perkantoran," katanya.

Selang satu jam kemudian, api berhasil dijinakan oleh petugas pemadam kebakaran. Untuk saat ini, aktivitas perkantoran di lantai dua dipindahkan sementara ke lantai satu. Selanjutnya, secara gotong-royong petugas TNI membersihkan puing-puing kebakaran tersebut.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya