Alasan Luhut Cabut Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sudah mencabut moratorium pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

RI Sambut Investasi, Luhut: Tapi Tak Ada Kompromi Soal Kedaulatan

Alasannya karena pemerintah sudah melakukan kajian yang mendalam, serta keputusan tersebut sudah dituangkan dalam sebuah surat.

"Sudah, sudah saya tanda tangani kemarin. Ya begitulah," ungkap Luhut kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Jumat sore, 6 Oktober 2017.

Dituding Berpihak, Luhut Beberkan Pengaruh China Bagi Ekonomi RI

Meski sudah dilakukan dengan kajian, namun Luhut tidak menjelaskan secara detail kajian dan pertimbangan yang membuat pemerintah mencabut moratorium reklamasi di Teluk Jakarta.

"Ini ketuanya Pak Ridwan (Djamaluddin), Ketua Ikatan Alumni ITB yang membuat kajian," tutur Luhut.

Kerap Disebut 'Menteri Segala Urusan', Ini Kata Luhut

Bukan hanya ahli dari ITB, kajian itu juga dilakukan Bappenas beserta semua kementerian terkait. "Ada Jepang, ada Korea, ada Belanda. Jadi mau apa lagi?" paparnya.

Ia mengatakan tidak mempermasalahkan bila Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Anies Baswedan menolak pencabutan moratorium tersebut. Karena itu merupakan keputusan pemerintah pusat.

"Harus (terimalah). Kalau dia (Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terpilih) tidak mau, kan banyak yang mau," kata Luhut. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya