Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 8 Oktober 2017 | 10:40 WIB
  • Prediksi Jokowi Tepat, Bandara Trunojoyo Ramai Peminat

  • Oleh
    • Beno Junianto,
    • Agus Rahmat
Prediksi Jokowi Tepat, Bandara Trunojoyo Ramai Peminat
Photo :
  • Agus Rahmat/VIVA.co.id
Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso

VIVA.co.id – Pengembangan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, dimulai atas perintah Presiden Joko Widodo untuk konektivitas daerah-daerah.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, pemerintah memang terus mengembangkan bandara-bandara yang ada. Seperti Trunojoyo, yang baru dibuka untuk komersial pada 27 September 2017 lalu.

"Apa yang ditekankan Presiden menjadi kenyataan. Kalau kita beri fasilitas airport, akan langsung efeknya enggak lama," kata Agus di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Minggu, 8 Oktober 2017.

Baru beberapa pekan dibuka, kata Agus, penerbangan yang hanya sekali sehari dari Sumenep ke Juanda Surabaya, langsung dipadati.

Menurut Agus, dengan banyaknya peminat itu, maka apa yang diprediksi Presiden Jokowi sudah tepat. "Hari pertama 80 persen (penumpang), kedua 85 persen. Tapi beberapa hari ini re-check terus, lebih peminatnya," jelas Agus.

Pengembangan Bandara Trunojoyo, lanjut Agus, memberi manfaat bagi masyarakat di Madura. Sebab, memangkas perjalanan darat yang biasanya dilalui ke Surabaya hingga 4 sampai 5 jam.

Untuk Bandara Trunojoyo, runway sudah diperpanjang, dengan dua apron. Saat ini, rute yang dilalui baru antara Juanda-Trunojoyo dan sebaliknya, sehari sekali.

"Sesuai perintah Presiden, kita harus meningkatkan konektivitas udara. Oleh karena itu, dari Kemenhub Pak Budi Karya menugaskan saya untuk membuka konektivitas dengan mengembangkan bandara-bandara di pinggiran kemudian yang di daerah terisolir. Tujuannya untuk membuka akseptabilitas supaya mobilitas masyarakat bisa ditingkatkan," jelas Agus.