JK Sebut Indonesia Salah Satu Negara Terdamai di Dunia

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • Sekretariat Wakil Presiden.

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Indonesia sebagai salah satu negara terdamai di dunia. Menurut JK, pasca Perang Dunia II dan era Perang Dingin, banyak negara di dunia yang dilanda konflik internal yang kemudian berlanjut ke perang saudara.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Meski demikian, JK menyampaikan, sejumlah konflik yang terjadi di Tanah Air sangat patut disyukuri tidak pernah berlangsung dengan begitu parah yang selanjutnya menjadi peperangan terbuka antara pihak-pihak yang bertikai.

"Saya katakan, sebagai salah satu bagian dunia ini, kita sangat lebih lumayan damai dan aman," ujar JK, berbicara di hadapan diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg di Wisma Duta Besar RI di Brussels, seperti dikutip dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden pada Senin, 9 Oktober 2017.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

JK menyampaikan, sejumlah gejolak yang tercatat menonjol terjadi di begitu banyak kawasan, seperti Timur Tengah, Afrika, hingga Asia Timur. Bahkan, JK melanjutkan, sejumlah peperangan seperti di Filipina, Thailand, dan Myanmar juga menjadi bukti bahwa kawasan Asia Tenggara juga menjadi salah satu panggung konflik usai Perang Dunia II dan era Perang Dingin.

"Tapi di ASEAN sendiri, kita memiliki kondisi yang jauh lebih baik dibanding keadaan-keadaan di negara lain," ujar JK.

JK: Ceramah di Indonesia Bisa Kritik Pemerintah, Negara Lain Mana Bisa

Meski demikian, sejarah mencatat bahwa ada sejumlah peristiwa kelam yang terjadi di bangsa ini. Misalnya saja tragedi 65 beserta segala efeknya, kekerasan di Timor Timur, Papua, Aceh, sampai konflik berbau suku, ras dan agama di Kalimantan, Ambon. Kemudian petrus (penembakan misterius), peristiwa Tanjung Priok, hingga masa reformasi 98.

Ketua Umum DMI sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Markaz Al Islami HM Jusuf Kalla (JK) saat memberikan arahan kepafa pengurus baru yayasan di Masjid Al Markaz Al Islami di Jalan Masjid Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (10/3/2024)

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) HM Jusuf Kalla (JK) mengingatkan kepada umat Muslim untuk mengintrospeksi diri menyambut Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024