Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 10:58 WIB
  • JK Sebut Indonesia Salah Satu Negara Terdamai di Dunia

  • Oleh
    • Syahrul Ansyari,
    • Fajar Ginanjar Mukti
JK Sebut Indonesia Salah Satu Negara Terdamai di Dunia
Photo :
  • Sekretariat Wakil Presiden.
Wakil Presiden Jusuf Kalla.

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut Indonesia sebagai salah satu negara terdamai di dunia. Menurut JK, pasca Perang Dunia II dan era Perang Dingin, banyak negara di dunia yang dilanda konflik internal yang kemudian berlanjut ke perang saudara.

Meski demikian, JK menyampaikan, sejumlah konflik yang terjadi di Tanah Air sangat patut disyukuri tidak pernah berlangsung dengan begitu parah yang selanjutnya menjadi peperangan terbuka antara pihak-pihak yang bertikai.

"Saya katakan, sebagai salah satu bagian dunia ini, kita sangat lebih lumayan damai dan aman," ujar JK, berbicara di hadapan diaspora Indonesia di Belgia dan Luksemburg di Wisma Duta Besar RI di Brussels, seperti dikutip dari keterangan Sekretariat Wakil Presiden pada Senin, 9 Oktober 2017.

JK menyampaikan, sejumlah gejolak yang tercatat menonjol terjadi di begitu banyak kawasan, seperti Timur Tengah, Afrika, hingga Asia Timur. Bahkan, JK melanjutkan, sejumlah peperangan seperti di Filipina, Thailand, dan Myanmar juga menjadi bukti bahwa kawasan Asia Tenggara juga menjadi salah satu panggung konflik usai Perang Dunia II dan era Perang Dingin.

"Tapi di ASEAN sendiri, kita memiliki kondisi yang jauh lebih baik dibanding keadaan-keadaan di negara lain," ujar JK.

Meski demikian, sejarah mencatat bahwa ada sejumlah peristiwa kelam yang terjadi di bangsa ini. Misalnya saja tragedi 65 beserta segala efeknya, kekerasan di Timor Timur, Papua, Aceh, sampai konflik berbau suku, ras dan agama di Kalimantan, Ambon. Kemudian petrus (penembakan misterius), peristiwa Tanjung Priok, hingga masa reformasi 98.