Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 10:53 WIB
  • Ratusan Gempa Vulkanik Guncang Gunung Agung

  • Oleh
    • Harry Siswoyo
Ratusan Gempa Vulkanik Guncang Gunung Agung
Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Gunung Agung keluarkan asap mengepul

VIVA.co.id – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat ada ratusan gempa vulkanik bergemuruh di dalam Gunung Agung, Bali.

Mengutip dalam siaran persnya, Senin, 9 Oktober 2017, aktivitas geologi Gunung Agung sejak dinaikkan statusnya menjadi Awas (Level IV), terlihat belum ada penurunan aktivitas kegempaan di Gunung Agung.

"Aktivitas kegempaan Gunung Agung (3142 m dpl) masih tetap tinggi dan fluktuatif," tulis Laporan Kebencanaan Geologi ESDM.

Dari pantauan sejak Minggu, 8 Oktober hingga Senin, terlihat secara visual ada asap kawah berwarna putih tebal membumbung hingga 200 meter di atas puncak.

Sebelumnya bumbungan asap tertinggi pernah terjadi pada Sabtu, 7 Oktober 2017 dengan ketinggian 1.500 meter.

Sejauh ini untuk aktivitas kegempaan, dalam rekaman seismograf terhitung 8 Oktober 2017, terekam 252 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 487 kali Gempa Vulkanik Dalam, 74 kali Gempa Tektonik Lokal dan tiga kali gempa yang bisa dirasakan.

Sedangkan untuk Senin, 9 Oktober 2017, mulai dari pukul 00:00-06:00 WITA, terekam 70 kali Gempa Vulkanik Dangkal, 117 kali Gempa Vulkanik Dalam, Sembilan kali Gempa Tektonik Lokal (TL).

Atas itu, diimbau kepada warga atau pengunjung untuk tidak berada di zona berbahaya Gunung Agung dengan radius 9 kilometer di bawah puncak.

"Dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut, Tenggara dan Selatan-Baratdaya sejauh 12 kilometer."