Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 11:23 WIB
  • Asap Misterius di Puncak Gunung Agung Bukan Letusan

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Bobby Andalan (Bali)
Asap Misterius di Puncak Gunung Agung Bukan Letusan
Photo :
  • Repro Instagram
Kemunculan asap putih di puncak Gunung Agung.

VIVA.co.id – Warga Kabupaten Karangasem, Bali, digegerkan dengan kemunculan fenomena asap putih misterius. Asap itu berketinggian satu setengah kilometer dari puncak Gunung Agung.

Kemunculan itu cukup meresahkan masyarakat, sebab, banyak yang menduga asap itu merupakan bagian dari letusan Gunung Agung.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klungkung, Putu Widiada, banyak warga yang mengadu dan meminta informasi dari BPBD terkait kemunculan asap putih itu.

Untuk mengetahui apa yang terjadi di Gunung Agung, Putu Widiada akhirnya memutuskan untuk mencari informasi langsung ke Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem.

"Saya ke sini untuk komunikasi, karena dapat infomasi ada embusan awan. Makanya kami komuniasi ke sini apa yang sebenarnya terjadi," kata Widiada, Senin 9 Oktober 2017.

Widiada menuturkan, berdasarkan informasi yang diterimanya dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), asap putih itu bukan sebuah letusan tapi, hanya aktivitas embusan awan saja.

"Kami mendapat penjelasan jika itu embusan awan bukan letusan. Kami akan sosialisasikan itu kepada pengungsi. Ada yang banyak bertanya, benar tidak seperti itu (terjadi letusan)," ujar Widiada.

Awan putih itu muncul pada Sabtu malam, 7 Oktober 2017. Kemunculan asap putih bisa terlihat dari jarak lebih dari 9 kilometer dari puncak kawah, karena saat asap muncul, cuaca di sekitar gunung berketinggian 3.142 mdpl sedang cerah. (hd)

Baca: Ketut Ngeteg ke Puncak Gunung Agung Berbekal Dua Gelas Air