Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 9 Oktober 2017 | 14:15 WIB
  • Lima Ring di Jantung, Mantan Menteri Nekat Daki 7 Gunung

  • Oleh
    • Harry Siswoyo,
    • Bayu Nugraha
Lima Ring di Jantung, Mantan Menteri Nekat Daki 7 Gunung
Photo :
  • VIVA.co.id/Facebook
Anton Apriyantono, mantan Menteri Pertanian periode 2004-2009, yang gemar mendaki gunung.

VIVA.co.id – Anton Apriyantono, mantan Menteri Pertanian tahun 2004-2009, ikut tergabung dalam ekspedisi 7 Summits in 100 Days. Ekspedisi yang akan dimulai pada Selasa 10 Oktober ini dijadwalkan akan berakhir pada 31 Desember 2017.

Tujuh gunung dalam ekspedisi ini adalah Gunung Kerinci di Sumatera, Semeru di Jawa, Bukit Raya di Kalimantan, Pegunungan Latimojong dengan puncak Rantemario di Sulawesi,  Cartenzs Pyramid di Papua, Binaiya di Kepulauan Maluku, dan Gunung Rinjani di Kepulauan Nusa Tenggara.

Selain Anton, dua pendaki yang tergabung dalam ekspedisi ini adalah Tri Hardiyanto dan Mila Ayu Hariyanti.

Anton mengatakan, alasan dirinya ikut tergabung dalam ekspedisi ini karena dirinya memang mempunyai hobi berpetualang sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Hobi saya kegiatan petualangan sejak jaman SMA. Kemudian tuntutan pekerjaan jadi tidak banyak naik gunung," ujar Anton di Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Usai dirinya tidak menjadi menteri lagi, ia menuturkan, baru hobinya berpetualang kembali tersalurkan. "Saya pas jadi menteri keliling dengan kendaraan jalannya. Pensiun awal tahun 2010 baru punya waktu banyak lagi dan hobi lama tersalurkan kembali," katanya.

Bahkan, ia mengenang masa-masa dirinya berpetualang termasuk mendaki gunung. Dalam kenangannya, ia menuturkan pertemuan pertama dengan sang istri adalah saat mendaki gunung.

"Saya pertama ketemu istri saya di Cibodas," ucapnya.

Mengenai umur yang saat ini tidak lagi muda, ia mengaku tidak khawatir mendaki tujuh gunung dalam waktu 100 hari.

"Jantung saya (sudah) dipasangkan lima ring. Keluarga memang khawatir tapi saya yakin kan tidak terjadi apa-apa dan baik-baik saja," ucapnya.

Ia menambahkan, tiga dari tujuh gunung dalam ekspedisi ini bahkan sudah ia taklukkan. Tak hanya di Indonesia, ia pun mengaku sudah menaklukan beberapa gunung di luar negeri.

"Kerinci, Rinjani dan Semeru sudah pernah. Ada beberapa gunung di luar negeri juga pernah. Bahkan ada yang sendirian saya daki," ujarnya.

Diantara tujuh gunung dalam ekspedisi ini, ia mengatakan, gunung Cartenz di Papua memang menjadi tantangan buat dirinya.

"Kalau saya lihat gunung Cartenz yang sepertinya cukup sulit dan menantang. Tapi sejauh ini gunung yang sudah saya daki dan saya suka adalah gunung Rinjani. Pemandangannya komplit disana," katanya. (hd)