Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 05:42 WIB
  • Jangan Percaya Isu Pos Pengamatan Gunung Agung Dipindah

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bobby Andalan (Bali)
Jangan Percaya Isu Pos Pengamatan Gunung Agung Dipindah
Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Gunung Agung keluarkan asap mengepul.

VIVA.co.id – Di tengah situasi bencana Gunung Agung, selalu saja ada yang menggali keuntungan. Salah satunya adalah menyebarkan isu Pos Pengamatan Gunung Api Agung yang terletak di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali akan dipindah ke lokasi lebih aman.

Memang, jarak Pos Pengamatan Gunung Api Agung dengan puncak Gunung Agung berjarak 12 kilometer. Hanya saja, posisinya masih aman untuk mengamati aktivitas gunung dengan ketinggian 3.142 mdpl tersebut.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani  juga menampik isu itu.

"Tolong disampaikan bahwa itu tak benar. Isunya pos pengamatan akan dipindah ke Kintamani, Kabupaten Bangli. Di sana, kami sudah punya pos pengamatan juga. Sekali lagi, isu kami akan pindahkan pos pengamatan ke lokasi aman tidak benar," kata Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Api Agung, Senin malam, 9 Oktober 2017.

Saat Gunung Agung dinaikkan levelnya menjadi awas, Kasbani memang pernah mengatakan, akan memindahkan pos pengamatan sejauh 20 kilometer ke arah selatan. Lokasinya pun sudah disiapkan. Hanya saja, pemindahan itu akan dilakukan jika Gunung Agung meletus nantinya dan mengganggu aktivitas pengamatan.

Hingga kini, Kasbani mengaku belum memiliki rencana untuk memindahkan pos pengamatan. Apalagi, meski aktivitas Gunung Agung masih tetap tinggi, namun gunung tertinggi di Pulau Dewata ini belum meletus.

"Kita masih di sini, personel di sini, alat-alat kami juga masih di sini. Aktivitas kami masih berlangsung di sini, belum ada rencana pemindahan. Personel kami yang keliling itu mengambil data, bukan memindahkan pos ini,” ujar Kasbani.

Sebelumnya, perwakilan warga sempat mendatangi Pos Pengamatan Gunung Api Agung. Mereka menanyakan kebenaran isu pemindahan pos yang selalu memberi perkembangan terkini mengenai aktivitas Gunung Agung itu. Kepada perwakilan warga, secara tegas Kasbani menampiknya dan meminta warga tetap tenang, namun waspada. (asp)