Hipoksia, Pendaki Cartenz Pyramid Papua Meninggal

Jasad Ahmad Hadi, pendaki asal Jakarta yang meninggal di pendakian Puncak Cartenz Pyramid Papua saat dievakuasi ke Timika, Selasa (10/10/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita

VIVA.co.id – Seorang pendaki Puncak Cartenz Pyramid Papua meninggal dunia dalam perjalanan turun menuju lokasi perkemahan. Pendaki bernama Ahmad Hadi ini diduga mengalami hipoksia atau kekurangan pasokan oksigen di tubuhnya.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

Juru bicara Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa menyebutkan laporan meninggalnya Ahmad Hadi ini didapat pada Minggu, 8 Oktober 2017, sekira pukul 21.00 waktu setempat, dari kedua rekannya sesama pendaki.

"Mereka meminta bantuan ke pihak Freeport melalui telepon satelit untuk dilakukan evakuasi," ujar Kamal, Selasa, 10 Oktober 2017.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

Jasad korban pun akhirnya dapat dievakuasi dengan helikopter dari lokasi kejadian menuju Timika pada Selasa.

"Tadi (Selasa 10 Oktober) tim evakuasi sudah berhasil melakukan evakuasi. Jasad korban hari ini juga akan segera diberangkatkan ke Jakarta, tempat asalnya," kata Kamal.

5 Fakta Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal

Ketiga pendaki ini diketahui menuju Puncak Cartenz pada Kamis, 5 Oktober 2017. Masing-masing bernama Ahmad Hadi, lalu Beathe Johanessen warga Norwegia dan Aris.

Setelah tiga hari pendakian, baru pada Minggu, 8 Oktober ketiganya turun. Namun saat itulah, diduga Ahmad Hadi mengalami hipoksia. Kini, kepolisian masih meminta keterangan dari dua rekan korban di Polres Mimika.

Frengki Candra Kusuma

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Jenazah Frengki Candra Kusuma putra asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023