Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 10 Oktober 2017 | 22:52 WIB
  • Ketua MPR Sebut 'The Next Habibie' Ingkari Pancasila

  • Oleh
    • Toto Pribadi,
    • Yasir (Makassar)
Ketua MPR Sebut 'The Next Habibie' Ingkari Pancasila
Photo :
  • Dokumentasi Pribadi Dwi Hartanto
Dwi Hartanto (kiri)

VIVA.co.id – Heboh mengenai ‘pengakuan dosa’ ilmuwan Indonesia, Dwi Hartanto juga mendapat tanggapan dari Ketua MPR, Zulkifli Hasan. Ilmuwan yang digadang-gadang sebagai “The Next Habibie” dan dijuluki ‘Si Jenius’ ini dianggap Ketua MPR telah mencoreng wajah Indonesia di mata dunia internasional.

Mahasiswa program doktoral di Universitas TU Delft Belanda itu mengakui informasi yang selama ini dia sampaikan di media sosial dan media massa tentang dirinya adalah klaim semata dan mengakui sebagai kebohongan.

Salah satunya, dia pernah mengaku terlibat dalam pengembangan teknologi pesawat tempur generasi ke-6. Belakangan ia mengatakan, hal itu tak benar dan dia meminta maaf. Dwi disebut-sebut sebagai otak di balik teknologi pesawat tempur generasi keenam, ahli teknologi satelit dan pengembangan roket. Atas berbagai kontribusi dan paten tersebut, Dwi sempat diberitakan sebagai ‘The Next Habibie’.

"Kita ini kan punya Pancasila. Jadi, kalau sudah berbohong, tidak punya karakter. Orang tidak punya karakter kan bagaimana? Ingkar terhadap Pancasila," kata Zulkifli Hasan di Universitas Hasanuddin Makassar, Selasa 10 Oktober 2017.

Setelah kebohongan Dwi terbongkar, Zulkifli berharap, kejadian serupa tidak terjadi lagi. Ia juga berpesan kepada para pemuda Indonesia yang berada di luar negeri untuk dapat betul-betul mengharumkan nama bangsa dengan prestasi sendiri.

"Saya berharap, generasi muda punya karakter. Karakter kejujuran, memiliki ilmu. Bukan karakter yang bohong, itu kuno, ketinggalan zaman," ujarnya.