Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 11 Oktober 2017 | 08:01 WIB
  • PVMBG Cek Aktivitas Gunung Batur di Bali

  • Oleh
    • Raden Jihad Akbar,
    • Bobby Andalan (Bali)
PVMBG Cek Aktivitas Gunung Batur di Bali
Photo :
Kepala PVMBG, Kasbani di Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Bali.

VIVA.co.d – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diketahui melakukan pengukuran gas di Gunung Batur yang terletak di Kabupaten Bangli, Bali. Pengukuran dilakukan di tengah gejolak Gunung Agung. 

Ada apa gerangan? Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan, hal itu dilakukan hanya pemantauan aktivitas gunung tersebut.

"Sebenarnya hanya pengukuran biasa saja di Gunung Batur, untuk memantau di sana," kata Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Rabu 11 Oktober 2017.

Dari pengukuran itu didapati data jika belum ada aktivitas berarti di Gunung Batur. Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan masyarakat. "Di Gunung Batur belum ada peningkatan aktivitas," tegasnya. 

Sementara itu, untuk pengukuran gas di Gunung Agung belum mendapatkan hasil. Dua hari lalu PVMBG mencoba mengukur gas gunung setinggi 3.142 mdpl itu di Pos Pengamatan Gunung Api Agung yang berjarak 12 kilometer dari puncak kawah.

"Dari jarak itu memang belum terdeteksi adanya gas. Mungkin masih di bawah perut Gunung Agung karena belum terdeteksi," paparnya. 

Lebih lanjut menurutnya, Pengukuran gas Gunung Agung harus dilakukan di dekat kawah gunung. Sehingga bisa mendapatkan hasil yang akurat. 

"Tapi untuk sementara kita tidak bisa mendekat ke kawah. Sementara untuk alat-alat lain sudah berjalan seperti biasa, seperti seismik kita juga sudah ada beberapa, jumlahnya ada sembilan. Ada yang di dekat puncak, ada yang di tubuh gunung dan berada di luar," urainya.