Tiga Pendaki Dilaporkan Hilang di Gunung Latimojong

Pendaki Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasir

VIVA.co.id - Tiga orang pendaki dilaporkan hilang di Gunung Latimojong, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Mereka baru diketahui hilang pada Rabu malam, 11 Oktober 2017, setelah mereka berangkat sejak Minggu 8 Oktober.

Wajib Tahu, Ini 6 Gunung Tertinggi di Sulawesi yang Cocok Didaki

Para pendaki diketahui bernama Inded (30 tahun) dan Windi (24), semua warga Makassar. Seorang lagi bernama Tuye, warga Kabupaten Enrekang.

Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar mengonfirmasi, tiga pendaki itu adalah bagian dari sekelompok pencinta alam. Rekan-rekan merekalah yang melapor kepada petugas pada Rabu tengah malam.

Mendaki Gunung Andong, Seorang Remaja Dilaporkan Hilang

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Basarnas Makassar, Hamsidar, tim pencari sudah dikerahkan, namun sejauh ini belum ada laporan tentang keberadaan ketiga pendaki itu.

"Tim rescue juga ada kita berangkatkan ke Enrekang untuk antisipasi segala kemungkinan," kata Hamsidar saat dikonfirmasi pada Jumat 13 Oktober 2017.

Detik-detik Tiga Pendaki Hilang di Dekat Puncak Tertinggi Himalaya

Ia menyebut, sebanyak tujuh petugas Basarnas Makassar didukung beberapa anggota potensi SAR. Tim gabungan yang mencari berjumlah 35 orang, terdiri dua regu tim Basarnas Makassar, serta tim dari Polsek Mengkendek, KPA Tator, SAR UNM, SAR Unhas, LPB Muhammadiyah, KSR UMI, Mapala Poltek Ujung Pandang, Korpala, KPA Metamorfosis, dan KPA Sikolong.

Pencarian sudah memasuki hari ketiga. Namun, sampai berita ini dipublikasikan, Basarnas dan tim gabungan belum menemukan ketiga orang yang mendaki gunung tertinggi di Sulawesi Selatan dengan ketinggian 3.478 meter, atau 11.410 kaki itu. 

Di lokasi, kata Hamsidar, jaringan komunikasi terbilang kurang maksimal. Setelah menyusuri kaki gunung, hari ini tim mulai memperluas area pencarian.

"Informasinya mengenai cuaca di sana, sejak kemarin tidak menentu. Kadang ekstrem, kadang bersahabat. Siang kemarin, di lokasi pegunungan itu cuaca mendung dan sedikit gerimis," kata Hamsidar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya