Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 14 Oktober 2017 | 00:00 WIB
  • PLTU 400 Megawatt Bakal Dibangun di Madura

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Nur Faishal (Surabaya)
PLTU 400 Megawatt Bakal Dibangun di Madura
Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal
GM PLN Jawa bagian Timur dan Bali, Maryadi (kiri), di PJB Surabaya, Jawa Timur.

VIVA.co.id – Pemerintah berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU berdaya 400 megawatt di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Bukan hanya mencukupi kebutuan Madura, PLTU tersebut juga diproyeksikan mampu memasok listrik di luar Pulau Garam.

"Sekarang baru tahap tender. Ditargetkan PLTU di Sumenep nanti COD-nya 2019," kata General Manager PT Perusahaan Listrik Nasional Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali, Maryadi, seusai Asean Residential School in Electric Power Enggineering di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat malam, 13 Oktober 2017.

Maryadi menjelaskan, total kebutuhan warga Madura akan listrik sebesar 200 megawatt. Dengan begitu, masih ada sisa daya yang dihasilkan dari PLTU yang sedang proses akan dibangun di Madura tersebut.

"PLTU ini nantinya bahkan bisa mendistribusikan listrik untuk luar Madura," tandasnya.

Selama ini, lanjut Maryadi, pasokan listrik ke Madura belum merata dan terendah dibandingkan daerah lain di Jawa Timur, terutama di wilayah kepulauan terluar. Sementara ini, solusi yang dilakukan PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik di kepulauan Madura ialah program mobilisasi genset.

Dia mengatakan, sampai saat ini target distribusi genset ke kawasan yang belum tersentuh listrik di Madura sudah mencapai 97 persen. Diharapkan, awal 2018 nanti sudah rampung semua dan warga Madura di kepulauan bisa menikmati listrik.

"Diharapkan 2018 semua masyarakat Madura sudah menikmati listrik," kata Maryadi.