Jika Gunung Agung Gempa Tremor Terus, Pertanda Siap Meletus

Warga melintas di kawasan Kubu yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Gunung Agung di Karangasem, Bali, Sabtu (14/10).
Sumber :
  • ANTARA/Fikri Yusuf

VIVA.co.id – Sejak tiga hari terakhir Gunung Agung diguncang gempa tremor non-harmonic. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, 11 kali gempa tremor non-harmonic mengguncang Gunung Agung.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Biasanya, tremor non-harmonic muncul terekam pada antara rentang waktu pukul 18.00 WITA hingga 24.00 WITA. Kepala PVMBG Kasbani mengakui, gempa tremor biasanya menjadi penanda akhir sebelum terjadinya letusan.

"Memang biasanya gempa tremor menjadi penanda terakhir. Tapi ini beda, karena hanya tremor non-harmonic," papar Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Api Agung di Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Minggu, 15 Oktober 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Yang mesti diwaspadai, Kasbani melanjutkan, jika tremor terjadi terus menerus dan semakin membesar. "Kalau tremornya sudah menerus dan makin membesar, itu bisa diikuti dengan letusan," urainya.

Saat ini, menurut Kasbani, tremor menerus belum terjadi di gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut. "Itu belum terjadi. Itu istilahnya tremor menerus. Urutannya tidak selalu tremor non-harmonic lalu ke tremor menerus. Maksud saya, gempa-gempa vulkanik dalam, dangkal, kemudian tremor. Tapi itu tremor menerus (bukan tremor non-harmonic)," ujarnya.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Saat ini, aktivitas di dalam perut Gunung Agung masih tinggi. Gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem itu masih terus melepaskan energi yang termanifestasikan menjadi gempa terasa dan embusan asap putih. Kendati begitu, Gunung Agung juga terus mendapatkan suplai energi dari bawah.

"Aktivitas masih tinggi, di dalam perut terjadi bergejolak. Ada energi yang dilepaskan melalui gempa terasa. Itu manifestasi pelepasan energi. Embusan asap, itu juga pelepasan energi. Tapi suplai energi dari bawah, suplai magma itu masih tetap berlangsung yang ditunjukkan dengan gempa-gempa vulkanik," kata Kasbani.

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024