Lawan Korupsi, Kejaksaan Agung Pilih Fokus ke Pencegahan

Jaksa Agung Muhammad Prasetyo (kanan).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id - Jaksa Agung M Prasetyo menyatakan bahwa institusinya selama 15 tahun terakhir memilih jalur pencegahan dalam perang melawan korupsi. Menurutnya, cara itu tidak boleh diabaikan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.

Suami Tersandung Korupsi, Sandra Dewi Pernah Bilang Takut Harta Diambil Tuhan

"Pencegahan oleh kejaksaan jadi pilihan. Jenis penegakan hukum lain yang tidak boleh diabaikan adalah pencegahan," kata Prasetyo dalam rapat kerja di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 16 Oktober 2017.

Bentuk pencegahan yang dilakukan kejaksaan di antaranya dibentuknya tim pengawal Kejaksaan Agung dari pusat hingga kota atau Tim Pengaman dan Pengawal Pemerintah Pembangunan Pusat (TP4P) dan daerah.

Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Ini Perjalanan Cinta Harvey Moeis dan Sandra Dewi

"Dana desa yang semakin bertambah itu perlu dikawal agar terjamin. Pada 24 Agustus lalu jajaran kejaksaan serentak sosialisasi dengan kepala desa. Pemulihan aset, penegakan hukum preventif, ini tidak populer. Tidak banyak diketahui orang karena senyap dan tidak hiruk-pikuk," kata Prasetyo.

Ia meyakini sejumlah negara yang berhasil mewujudkan nihil korupsi karena mereka sukses melakukan pencegahan. Walau memang pencegahan memerlukan waktu yang panjang.

5 Fakta Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis Ditetapkan Tersangka Korupsi Timah

"Kami telah memiliki rencana strategis dalan pencegahan hukum, dengan tidak mengabaikan penindakan," kata Prasetyo. (ren)

Sandra Dewi

Sandra Dewi Blak-blakan! Kehidupan Mewah Dibalik Skandal Korupsi Suami

Harvey Moeis adalah suami dari aktris Sandra Dewi. Dengan adanya pemberitaan ini, nama Sandra Dewi juga ikut ramai dibahas.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024