BNPB Ingatkan Kebutuhan Bilik Cinta Pengungsi Gunung Agung

Sejumlah pengungsi letusan Gunung Agung berada di posko pengungsian Desa Les, Kabupaten Buleleng, Bali, Minggu (24/9).
Sumber :
  • ANTARA/Wira Suryantala

VIVA.co.id - Direktur Bantuan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Eko Budiman, mengaku telah menyampaikan segala kebutuhan bagi pengungsi bencana Gunung Agung. Dia menyebut salah satu hal yang perlu dipikirkan bagi pengungsi adalah bilik cinta.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

"Kami sudah memberikan semacam warning (peringatan). Ini sudah minggu keempat, pengungsi juga sudah tinggal di tempat pengungsian hampir empat minggu. Apa yang mereka dapat? Apa hanya cukup makan dan minum kebutuhan dasarnya, atau masalah yang seperti tadi kita pikirkan (bilik cinta)," kata Eko kepada VIVA.co.id pada Senin, 16 Oktober 2017.

Hal itu dianggap penting untuk diperhatikan karena kebutuhan manusiawi. Jika bilik cinta disiapkan, penting untuk diperhatikan di mana lokasi tepatnya. Meski dalam situasi darurat, privasi pengungsi juga tetap harus dijaga.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

Misal, kata Eko, bilik cinta tak boleh berdekatan dengan titik pengungsian agar tidak jadi tontonan. Persoalan kebutuhan biologis pengungsi juga terkadang menjadi alasan bagi mereka untuk kembali ke rumah meski berada di zona bahaya Gunung Agung.

Jika pun dibuatkan, Eko berharap bilik cinta itu tak dipakai bergantian dalam jumlah banyak. "Habis pasangan satu gantian pasangan lain masuk, itu tidak manusiawilah. Itu harus dipikirkan. Kita ini manusia. Kalau binatang sama kita-kita ini tidak malu," katanya.

Gunung Agung Meletus Muntahkan Abu Vulkanik Sejauh 2 Km

"Atau misalnya nunggu orang tidur di tenda pengungsian. Tengok sini, tengok sana, masih ada yang tidur, ada juga yang belum. Lalu dia nunggu terus, ya, tidak mungkin juga. Kalau malam itu, kan, tempat pengungsian terang benderang begitu," ujar Eko. (ase)

Gunung Agung

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Kebakaran sejak siang tadi dan terus membesar hingga malam ini.

img_title
VIVA.co.id
4 Oktober 2019