BNPB Putar Otak Rekam Aktivitas Kawah Gunung Agung

Gunung Agung Keluarkan Asap Kawah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA.co.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan berbagai cara untuk merekam secara visual aktivitas di kawah Gunung Agung. Direktur Bantuan Darurat BNPB, Eko Budiman, mengaku telah berkoordinasi dengan lembaga lain untuk mencari solusi persoalan tersebut.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

Dia menjelaskan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sangat memerlukan aktivitas visual kawah Gunung Agung.

"Kami mengkoordinasikan semua yang punya kapasitas itu atau punya teknologi canggih untuk mampu merekam aktivitas visual kawah Gunung Agung," kata Eko di Posko Utama Tanggap Darurat di Dermaga Tanah Ampo, Kabupaten Karangasem, Bali, Selasa 17 Oktober 2017.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Eko mengaku sudah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga lain yang dinilai memiliki peralatan dengan teknologi canggih. "Ada LAPAN, ada BNPT, ada Badan Informasi Geo-spasial. Itu lembaga-lembaga besar, tak terkecuali TNI kita ajak bicara juga," ujarnya.

Dijelaskan Eko, tujuannya hanya satu yaitu mencari lembaga yang memiliki peralatan canggih untuk bisa merekam aktivitas visual di kawah Gunung Agung. "Siapa kira-kira yang bisa menyiapkan peralatan canggih yang mampu terbang di atas itu dan bisa memperoleh gambar yang bagus. Sekarang sedang kita koordinasikan. Kita sedang menunggu," jelas dia.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

Menurutnya, kecanggihan peralatan dengan teknologi tinggi amat diperlukan untuk dapat terbang ke atas gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut. BNPB sudah dua kali mencoba menerbangkan pesawat tanpa awak alias drone, namun mengalami kendala.

"Kan tidak cukup pesawatnya terbang, terus motret, lalu selesai. Koordinatnya berapa, kecepatan udaranya berapa, kerapatan udaranya berapa, anginnya mengarah ke mana, itu semua harus dipikirkan," tuturnya. (one)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024