JK Ungkap Sebab Jokowi-Prabowo Terbahak di Pelantikan Anies

Presiden Jokowi, Wapres JK, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di Istana Negara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Handout/Setpres/Agus Suparto

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkap hal yang sempat membuatnya bersama Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, nampak tertawa terbahak-bahak usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Peristiwa, terjadi di Istana Negara pada Senin sore kemarin, 16 Oktober 2017. [Baca: Mesranya Jokowi, JK dan Prabowo di Pelantikan Anies-Sandi]

Menurut JK, mereka bertiga tertawa karena memang tengah membicarakan hal yang mengocok perut.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Kalau tertawa, banyak humor berarti kan. Itu kira-kira yang dibicarakan," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2017.

JK menyampaikan, yang pertama membuat tertawa dan diperbincangkan tiga petinggi negeri itu adalah terkait gaya Anies-Sandi yang terlihat kaku dalam prosesi upacara kemarin. JK menilai ketiadaan latar belakang militer pada keduanya adalah sebab hal itu.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Jadi (Anies-Sandi) tidak tahu yang mana berhenti, bagaimana yang jalan (saat baris berbaris)," ujar JK.

Selain itu, hal lainnya yang membuat mereka tertawa adalah keanehan yang terjadi pada busana sejumlah tokoh politik yang menjadi tamu undangan. Menurut JK, sejumlah pimpinan partai politik nasional, terlihat memakai peci yang merupakan identitas umat Islam.

Sementara pimpinan dan tokoh parpol Islam, seperti Presiden PKS Sohibul Iman, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), justru tidak memakai peci. Prabowo yang merupakan pimpinan parpol nasionalis juga terlihat memakai peci.

"Jadi sebenarnya, yang mana nih yang religius. Itu antara lain yang buat kita tertawa," ujar JK. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya