Jokowi: Banyak yang Lupa Indonesia itu Negara Besar

Joko Widodo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Diki Hidayat/ Garut

VIVA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyampaikan rasa keprihatinannya kepada ribuan santri dan tamu undangan pada Rapat Kerja Nasional Muhammadiyah ke 2 yang bertempat di Pondok Pesantren Darul Arqom Muhammadiyah, Kabupaten Garut Jawa Barat. Keprihatinan itu diungkapkan karena banyak pihak yang lupa dan tidak tahu bahwa Negara Indonesia adalah negara besar.

Jokowi: Debat Saja Pakai Latihan

"Ini kewajiban kita semua untuk mengingatkan bahwa negara kita adalah negara besar, termasuk muslim terbesar di dunia sehingga kita harus memahami itu, karena sekarang ini banyak yang lupa, " ujarnya, Selasa 17 Oktober 2017.

Dikatakannya bahwa Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 714 suku dan lebih dari 1.100 bahasa daerah, 516 kabupaten dan kota serta 43 provinsi. Setiap kali bertemu dengan para kepala negara sahabat, potensi yang dimiliki Indonesia selalu disampaikan.

Jokowi Bertemu dengan Pimpinan Koalisi, Bahas Apa?

"Seperti pertemuan dengan negara-negara APEC, ASEAN dan OKI, selalu saya sampaikan bahwa kami besar," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun dengan negara sebesar itu, pihaknya sering mendapat masukan bahwa gesekan antar suku bisa menimbulkan perpecahan bangsa. Hal itu bercermin dari peristiwa negara Afganistan dengan hanya tujuh suku dan dua suku di antaranya bertikai sehingga mengakibatkan perang yang berkepanjangan.

CVR Ditemukan, Jokowi Harap Misteri Tragedi Lion Air Terang Benderang

"Sehingga kita harus terus tetap menjaga persatuan dan kesatuan agar keberagaman suku tersebut tidak menimbulkan perpecahan, " katanya.

Joko widodo

Jokowi Dalami Isu yang Berkembang di Media Hadapi Debat Pilpres

Jokowi pede hadapi debat pilpres besok.

img_title
VIVA.co.id
16 Januari 2019