Tiga Kemungkinan yang Terjadi Pada Gunung Agung

Status Awas Gunung Agung di Bali sudah Satu Bulan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA.co.id – Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Devy Kamil Syahbana, mengungkapkan jika dilihat dari data-data yang terekam, saat ini magma di tubuh Gunung Agung belum berhasil mencari jalan untuk keluar permukaan.

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

"Saat ini magma masih belum cukup kuat untuk menembus jalur ke permukaan. Masih ada lapisan penahan di atas yang masih lebih kuat dari kekuatan magma saat ini. Saat ini magma dan lapisan penutup sedang berperang, adu kuat," kata Devy, Senin 23 Oktober 2017.

Atas hal itu, secara teoritis ada tiga kemungkinan yang bakal terjadi pada Gunung Agung. Pertama, kata Devy, jika masih ada suplai baru dan cukup banyak, maka magma akan re-energized atau kembali memiliki energi untuk bergerak naik.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

"Jika ini yang terjadi, maka potensi letusan dalam waktu yang lebih dekat dapat terjadi," tutur Devy.

Kemungkinan kedua yakni, jika masih ada suplai baru tetap belum banyak, maka magma akan mengakibatkan gempa, namun sedikit demi sedikit saja.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

"Jika ini yang terjadi, maka potensi letusan dalam waktu dekat masih kecil, namun potensi letusan dalam waktu yang lebih lama dari sekarang masih ada," kata dia.

Kemungkinan ketiga, Devy melanjutkan, yakni jika suplai baru tidak ada, maka proses degassing magma (keluarnya gas ke permukaan) akan membuat magma kehilangan mobilitasnya.

"Lama-lama akan mengalami kristalisasi dan ketika itu yang terjadi, ancaman letusan baru bisa dikatakan berkurang," ujarnya.

Saat ini, Devy menyebut terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Agung berdasarkan tiga kemungkinan tadi.

"Kita lihat prosentasenya mana yang paling memungkinkan. Berdasarkan itulah status dan rekomendasi akan dibuat," tutur Devy. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya