Soal Botol Miras Berlabel Halal, Begini Reaksi MUI

Wiski "halal."
Sumber :
  • VIVA.co.id/emeraldbeverages

VIVA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara terkait beredarnya viral gambar botol minuman keras jenis Wiski dan anggur merah dengan label 'halal' tersebar di media sosial. Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa'adi, memastikan bahwa berita tersebut adalah hoax.

MUI Sumatera Barat Tolak Larangan Salat Idul Adha

Dia menyebut hal itu merupakan bentuk fitnah kepada Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia, karena yang berwenang menetapkan fatwa kehalalan sebuah produk makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika adalah MUI.

"Saya menduga bahwa label halal yang dicantumkan dalam produk minuman tersebut adalah palsu," kata Zainut dalam keterangan tertulisnya, Selasa 24 Oktober 2017.

Jokowi Diminta Pecat Sosok di Balik Izin Investasi Miras

Menurutnya, perusahaan produk minuman tersebut tidak pernah mendaftarkan proses sertifikasinya ke LPPOM MUI untuk diperiksa dan diaudit kehalalan produknya. Sehingga produk minuman tersebut tidak berhak mendapatkan sertifikat halal dan berhak mencantumkan label halal pada produknya.

LPPOM-MUI, kata Zainut, sampai sekarang masih memiliki kewenangan untuk menangani proses sertifikasi halal sebelum berfungsinya BPJPH. Ia memastikan bahwa MUI tidak pernah mengeluarkan sertifikat halal kepada produk minuman tersebut dan tidak pernah mengeluarkan label 'halal' sebagaimana yang dicantumkan pada produk minuman tersebut.

Heboh Wiski Berlabel Halal MUI, Cek Faktanya

Tindak Tegas

Untuk hal tersebut MUI meminta kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas pemalsuan label halal pada produk minuman tersebut.

"Dan menindak tegas kepada pelakukanya dengan memberikan hukuman yang berat jika terbukti bersalah, karena telah menipu umat Islam dengan memalsukan label halal tanpa melalui sebuah proses dan prosedur sertifikasi yang sesuai dengan ketentuan undang-undang," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mendadak 'naik darah' di akun Twitter-nya. Musababnya, ada orang yang sengaja memfitnahnya dan menyebar berita palsu.

Ini terlihat dalam cuitannya yang diunggah pada Senin, 23 Oktober 2017. Tokoh Nahdlatul Ulama ini menyertakan sebuah lampiran berupa foto sebuah minuman dengan merek Whiskey Crystal.

Yang membuat heboh, di gambar botol minuman itu ada logo tulisan halal. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya