Ustaz yang Kerap Buat Guyonan Akan Ditertibkan

Ilustrasi-Jemaah tertawa mendengar ceramah agama yang diberikan ustaz
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Kementerian Agama akan merumuskan kode etik khusus bagi para penceramah atau ustaz yang kerap berceramah namun menggunakan metode guyonan kepada jemaahnya.

Kata Ustaz Khalid Basalamah, Ini Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Mau Puasa

Menurut Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, langkah 'penertiban' kepada para ustaz ini sebagai tindak lanjut dari keluhan masyarakat soal banyaknya penceramah yang mengedepankan praktik guyon ketimbang isi ceramahnya.

"Pemerintah (diminta) lebih proaktif untuk menata penceramah mubalig, dai, yang terkadang dalam ceramahnya itu mungkin lebih banyak guyonnya," kata Lukman kepada VIVA.co.id di Ciawi Bogor, Selasa, 24 Oktober 2017.

Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Dalam laporan publik itu, kata Lukman, banyak yang menganggap ceramah bercampur guyon itu kurang pantas. Bahkan, tidak sedikit yang menyampaikan isi ceramah bukan pada forum majelis taklim atau forum keagamaan.

Karena itulah, kata Lukman, Kemenag akan menyusun kode etik bagi para penceramah. Dengan panduan ini maka akan menjadi prinsip yang dipegang seorang penceramah atau ustaz untuk menjaga integritas dakwah yang disampaikan. 

Jadi Perdebatan, Bolehkah Makan dan Minum Waktu Imsak?

"Agar dakwah Islam senantiasa tidak disampaikan oleh pihak yang bukan pada tempatnya. Ini akan kami terus rumuskan," kata Lukman. (ase)

Ustaz Khalid Basalamah.

Apakah Semua Dosa Seorang Istri Ditanggung Suami? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Salah satu pendakwah ternama, Ustaz Khalid Basalamah memberikan penjelasan terkait dosa istri ditanggung suami.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024