Ditolak Masuk AS, Panglima TNI Sahabat Jenderal Jo Dunford

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditolak, saat hendak memenuhi undangan di Amerika Serikat. Jenderal TNI tersebut mengaku bersahabat baik dengan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Jo Dunford.

Soroti Pengeroyokan Relawan Ganjar di Boyolali, Gatot Nurmantyo: Saya Tak Yakin Dipukul Batu

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI kepada awak media, usai menghadiri pembukaan Internasional Conferrence And Table Top Exercise On Global Health Security Meeting 2017 oleh Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa 24 Oktober 2017.

“Saya bersahabat baik dengan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Jo Dunford dan saya sedianya menghadiri pertemuan Panglima se-Asia Pasifik. Selain itu, saya juga ingin bertemu dengan Jenderal Jo Dunford,” jelas Panglima TNI.

Jelang Pensiun, Yudo Margono Pamit di Depan Para Mantan Panglima TNI dan Prajurit Tiga Matra

Berdasarkan siaran pers yang dikirim Puspen TNI, Jenderal Gatot juga bercerita betapa hangatnya sambutan yang diberikan Jenderal Jo Dunford, saat ia berkunjung ke Amerika Serikat pada 2016 yang lalu.

“Saya diajak coffee morning di rumahnya yang asri, kemudian malamnya saya diajak dinner. Yang lebih luar biasa lagi, saat dinner para tentara Amerika menyanyikan lagu Bengawan Solo,” ucapnya.

PKS Buka Pintu Lebar Jika Gatot Nurmantyo Gabung Tim Pemenangan Anies-Cak Imin

Menanggapi banyaknya reaksi terkait masalah ini, Jenderal Gatot mengimbau kepada masyarakat, agar tidak bergerak sendiri-sendiri dan mempercayakannya kepada Kementerian Luar Negeri.

“Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi telah menyampaikan bahwa Indonesia dengan Amerika Serikat itu bersahabat, semua masalah akan diselesaikan dengan baik. Kita monitor saja langkah-langkah yang akan diambil oleh Kementerian Luar Negeri RI,” tegasnya.

Permintaan maaf pun telah disampaikan oleh Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Erin Elizabeth Mckee. Ia menyampaikan, larangan tersebut sudah tidak ada, sudah dicabut, dan mempersilahkan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memasuki wilayah Amerika Serikat.

Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan resmi penyebab Panglima TNI ditolak masuk Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya