Tebar Teror, OPM Bakar Permukiman Warga

Bendera Organisasi Papua Merdeka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Kelompok separatists Organisasi Papua Merdeka kembali berulah di Kampung Utikini Distrik Tembagapura sekitar areal Tambang Freeport Timika Papua, Kamis, 26 Oktober 2017. Mereka menebar teror dengan membakar permukiman warga serta mengeluarkan sejumlah tembakan.

Pratu Herianto, Korban Kebiadaban Teroris OPM Diterbangkan ke Timika

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, aksi kelompok kriminal bersenjata itu membuat warga ketakutan. Menurutnya, ada sekitar 10 orang yang menebar teror kepada warga.

"Dengan membakar camp serta melepaskan sejumlah tembakan," ujar Kamal, Jumat, 27 Oktober 2017.

Gerombolan KST Berulah Kembali, Bakar Honai Milik Masyarakat di Papua

Sebelum membakar permukiman warga, kelompok bersenjata itu lebih dulu mendatangi sebuah kios milik warga untuk meminta makanan. Mereka menenteng 8 pucuk senjata api laras panjang.

"Setelah mendapatkan makanan, mereka membakar 2 camp milik warga," ujarnya.

Upacara Militer Iringi Pemulangan 3 Jenazah Prajurit TNI dari Papua

Selanjutnya, kelompok bersenjata itu meninggalkan lokasi sambil mengeluarkan tembakan sebanyak 10 kali ke udara untuk menakuti warga sekitar agar tidak melawan.

Aksi kelompok bersenjata itu terus berlanjut hingga hari ini. Kelompok itu menghadang iring-iringan mobil ambulans dan bus yang sedang mengevakuasi karyawan Freeport, guru-guru, pasien dan tim medis dari Kampung Banti menuju Tembagapura. Mereka melakukan penghadangan di Kampung Utikini Lama.

"Kelompok bersenjata menghadang di area longsoran Kampung Utikini, lalu mereka meminta nomor ponsel pengemudi ambulans. Karena tidak ingin terjadi sesuatu, pengemudi memberikannya. Kami masih buru para pelaku karena sangat meresahkan," kata Kamal. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya