Unik, Peringatan Sumpah Pemuda Digelar di Sawah Laba-laba

Lodok, sawah berbentuk jaring laba-laba di NTT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jo Mariono/NTT

VIVA – Sebanyak 1.000 orang terlihat khidmat mengikuti rangkaian upacara peringatan Sumpah Pemuda yang digelar di areal persawahan Lingko Lumpung di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.

Setelah 29 Oktober, Museum Sumpah Pemuda Istirahat Sementara

Ini bukan areal sawah atau lodok biasa, tapi ini adalah sawah satu-satunya yang menjadi khas Manggarai. Ya, inilah sawah berbentuk jaring laba-laba terbesar dengan luas sekitar 200 hektare. 

Pagelaran upacara ini menjadi kali pertama dilakukan. Karena itu, ia menjadi momen unik, apalagi ketika seribu peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa serta masyarakat mengenakan pakaian adat dan berdiri mengikuti garis sawah yang berbentuk laba-laba.

Video Musik Sabang Merauke, Wujudkan Semangat Sumpah Pemuda

"Apa yang terjadi pada hari ini merupakan aksi nyata orang muda dalam hal menghargai sawah Lodok salah satu karya besar nenek moyang orang Manggarai," kata Asisten I Pemerintah Kabupaten Manggarai Angalus, Sabtu, 28 Oktober 2017.

Peringatan Sumpah Pemuda di Sawah Lodok Manggarai NTT

Prananda Ajak Milenial Kasih Kontrubusi ke Negara Buat Akhiri Pandemi

FOTO: Peringatan sumpah pemuda di areal sawah Lodok di Kabupaten Manggarai NTT, Sabtu (28/10/2017)

Usai menggelar upacara bendera, peserta upacara bersama wisatawan menikmati kuliner lokal khas masyarakat sekitar sawah Lodok. Dipentaskan pula sejumlah tarian dan permainan rakyat, seperti Rangkuk Alu.
 
Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Manggarai Mensi Do mengatakan, kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi pada HUT Sumpah Pemuda tahun mendatang, namun dengan konsep dan persiapan yang lebih matang.
 
"Tahun depan kita upayakan kegiatan serupa diadakan lagi tentunya dengan persiapan yang lebih spektakuler. Untuk itu kami mulai berpikir tentang anggaran yang memadai agar kegiatannya lebih bagus dari hari ini,” kata Mensi Do.

Jo Mariono/ Manggarai-NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya