Kawasan Perbatasan sebagai Beranda Terdepan Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani
Sumber :

VIVA – Masih dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Merauke, Papua dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda dan Ekspedisi NKRI, Menko PMK menyempatkan berkunjung ke Distrik Sota, Kabupaten Merauke, yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Menko PMK Puan Maharani tegaskan pemerintah yakin kawasan perbatasan akan bangkit menjadi beranda terdepan Indonesia yang berkemajuan.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Distrik Sota, Kabupaten Merauke memiliki arti penting sebagai beranda terdepan Indonesia. Untuk itu, Pemerintah akan segera memasukkan PLBN di Distrik Sota Kabupaten Merauke sebagai prioritas pada tahun 2018.

"Menjadi prioritas pemerintahan saat ini bahwa kita akan mulai masuk dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal). Setiap daerah perbatasan itu kita selalu upayakan agar dibangun sekolah, Puskesmas dan pos lintas batas negara (PLBN)" jelas Menko PMK saat ditemui usai menyerahkan bantuan di Perbatasan Indonesia- Papua Nugini, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Tambahnya lagi, pembangunan PLBN yang akan diselesaikan paling lambat pada tahun 2020 ini sedang diupayakan untuk dipercepat penyelesaiannya menjadi tahun 2019. Pemerintah juga terus berkomitmen untuk mengembangkan ekonomi daerah-daerah perbatasan ini sebagai upaya mengurangi kesenjangan antar wilayah dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat perbatasan.

Pada kunjungannya itu, Menko PMK membagikan sejumlah bantuan berupa sembilan paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk ibu hamil, 24 paket PMT untuk balita, dan 150 Paket PMT untuk anak sekolah.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

Selain itu Menko PMK juga menyerahkan bantuan berupa 10 buah toren air, 50 buah jerigen, 1 buah penjernih air dan tenda posko, 75 paket makanan siap saji, 10 buah hidran air, 10 unit RUTILAHU, alat permainan edukatif, bantuan kearifan lokal sebesar Rp50 Juta yang akan digunakan untuk pembelian peralatan musik serta Program Keserasian Sosial sebesar Rp109 Juta yang akan digunakan untuk pembangunan balai musyawarah adat, penyuluhan hidup toleransi, dan revolusi mental. (webtorial)

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman berharap kedekatan Sufmi Dasco Ahmad dan Puan Maharani jadi jembatan rekonsiliasi Gerindra dan PDIP.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024