Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 2 November 2017 | 23:19 WIB
  • Golkar Segera Deklarasikan Ridwan Kamil Cagub Jabar

  • Oleh
    • Bayu Adi Wicaksono,
    • Lilis Khalisotussurur
Golkar Segera Deklarasikan Ridwan Kamil Cagub Jabar
Photo :
  • Twitter @PemkotBandung
Ridwan Kamil

VIVA – Partai Golkar telah memutuskan untuk mengusung Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil maju dalam pemilihan gubernur Jawa Barat dalam perhelatan pemilihan kepala daerah serentak 2018.

"SK (surat keputusan) RK sebenarnya sudah selesai. Proses kami untuk membahas RK sebenarnya sudah 3-4 bulan lalu dan sudah membuat skenario. Pilihannya selalu Ridwan Kamil atau Dedi Mulyadi," kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis 2 November 2017.

Menurut Idrus, dalam perkembangan terakhir, setelah empat bulan mengkaji, DPP Partai Golkar berkesimpulan bahwa yang dikehendaki rakyat sebagai cagub Jawa Barat, ialah Ridwan Kamil.

"Ditandai dengan hasil survei yang ada. Dan komunikasi kami empat bulan lalu memang hanya selalu dua, kalau bukan Dedi wakilnya, ya Daniel. Dan akhirnya dari pilihan-pilihan yang ada jatuhnya pada RK, jadi RK-Daniel Muttaqien," kata Idrus.

Idrus mengatakan, telah bertemu Ridwan Kamil. Mereka sempat membicarakan dalam waktu yang tak lama akan melakukan pertemuan dengan partai-partai pendukungnya untuk membicarakan proyeksi deklarasi.

"Deklarasi itu berikan satu sinyal kepada rakyat bahwa ini lah pemimpin Anda 2018. Kami harapkan pada bulan November," kata Idrus.

Terkait keputusan Partai Golkar ini, Idrus Marham yakin kader partai lainnya, Dedi Mulyadi menerima keputusan itu dan tidak mencalonkan diri melalui partai politik lain di Pilkada Jabar 2018.

"Saya ketemu Dedi Mulyadi. Dia itu adalah adik saya. Dia menyampaikan kepada saya, kami memahami dan menerima surat keputusan Partai Golkar," kata Idrus

Ia meyakini Dedi adalah kader yang militan, sehingga kader dari bawah juga pasti menjaga marwah dirinya sendiri sebagai kader Golkar.

"Saya punya keyakinan tidak (maju dari partai lain). Saya sudah bicara dengan saudara Dedi. Justru Dedi sendiri membuat pernyataan itu. 'Kanda, tidak mungkin saya meninggalkan partai yang selama ini saya bina'. Itu pernyataannya," kata Idrus menirukan Dedi.

Sebelumnya, Golkar memastikan mengusung Wali Kota Ridwan Kamil atau Emil sebagai bakal calon gubernur di pemilihan gubernur Jawa Barat. Alasan Golkar memilih Emil ketimbang kadernya sendiri seperti Dedi Mulyadi demi mengejar kemenangan kursi gubernur Jawa Barat.