Tiga Warga China Selundupkan Benih Padi ke RI, Diduga Bahaya

Petugas Balai Karantina Pertanian mengamankan benih padi asal China.
Sumber :
  • Kementan.go.id

VIVA – Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, mengamankan 16 kilogram benih padi dari tiga orang pria asal China. Benih padi itu diamankan karena mau dibawa masuk ke wilayah Indonesia tanpa melalui prosedur yang berlaku.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Kepala BBKP Bandara Soetta, Eliza Suryati Roesli, mengungkapkan benih padi yang dibawa tiga pria China itu tidak dilengkapi dokumen-dokumen persyaratan masuknya benih dari luar negeri. Selain itu, benih padi asal China itu tak memiliki sertifikat bebas penyakit.

"Benih (padi) ini juga diduga mengandung bakteri yang dapat membahayakan pertanian Indonesia seperti, Dickeya Chrysanthemi," kata Eliza Jumat, 3 November 2017.

Tim Gabungan Gagalkan Penyelundupan 19 Kg Sabu dari Malaysia, Tangkap 5 Orang Tersangka

Diketahui, benih padi tersebut disembunyikan dalam enam kaleng dan diletakkan dalam koper. Saat melalui pemeriksaan X-ray di Terminal 2D, Bandara Soekarno Hatta, terlihat samar barang bawaan dari para WNA China tersebut.

Namun, berkat kejelian petugas, koper ketiga pria asal China itu akhirnya dibongkar dan didapati benih padi tersebut.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

Paspor Ditahan

Saat diinterograsi petugas, tiga WNA tersebut tiba di Indonesia dari Hainan, Tiongkok, menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH-379 yang sebelumnya transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka akan menuju Yogyakarta untuk menanam benih padi tersebut.

"Kalau benih itu sampai masuk Indonesia dan membawa virus tentunya, akan sangat berbahaya bagi tanaman padi di Indonesia. Mengingat, padi di Indonesia merupakan komponen terbesar di kita," ujar Eliza.

Eliza belum bersedia membeberkan identitas ketiga pria asal China yang kedapatan membawa benih padi berbahaya itu. Menurutnya, petugas sedang menyelidiki identitasnya dan asal usul barang yang mereka bawa.

"Namun, mereka diizinkan melanjutkan perjalanannya, namun paspor milik mereka kami tahan. Apabila nanti ada unsur pidana, akan diproses lebih lanjut. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian guna melakukan penyelidikan terhadap masuknya benih padi dari Tiongkok tersebut," tutup Eliza. (ren)

Benih padi asal Tiongkok diselundupkan di Bandara Soekarno-Hatta

Foto: Benih padi asal China mengandung virus berbahaya diselundupkan ke RI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya